Rabu, 29 November 2017

AIR TERJUN MALANGHIT

Air Terjun Malanghit adalah sebuah air terjun yang terletak di Dusun Kacang Parang, Desa Ulang, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Air Terjun Malanghit adalah air terjun yang mengalir di sekitar bebatuan dengan ketinggian sekitar 5 meter. Air Terjun ini lebih dominan bentuk lebarnya daripada bentuk tingginya. Pada  bagian bawah air terjun terbagi menjadi 2 kedalaman, dari sisi kanan masih di penuhi bebatuan sehingga debit airnya surut, sedangkan bagian kiri debit airnya cukup dalam. Air Terjun Malanghit merupakan air terjun yang paling di kenal di Desa Ulang dan suasana di tempat ini masih tergolong sepi sehingga kita dapat bebas berekspresi. Perjalanan untuk menuju ke sini tidak terlalu jauh, hanya trekking sekitar 20 menit dari pemukiman penduduk tibalah di lokasi.

Info Perjalanan :
Barabai ke Kandangan :
  • Start dari perbatasan Kota Barabai-Kandangan (Kabupaten HST-HSS).
  • Terus lurus menuju arah Kota Kandangan.
  • Melewati desa Bamban Utara – Bamban – Bamban Selatan – Angkinang – Angkinang Selatan –  Pakumpayan – Bakarung – Gambah Luar.
  • Nanti ada pertigaan seperti huruf “Y” pilih arah ke kiri.
  • Terus lurus melewati Waterboom Kandangan dan Terminal Bus Kandangan.
  • Ketemu lagi pertigaan di tengahnya ada Bundaran Ketupat, pilih arah sebelah kiri menuju  Loksado (jika ke kanan menuju Kota Kandangan).
Kandangan ke Loksado :
  • Start Tugu Bundaran Ketupat.
  • Jika dari arah Kota Barabai pilih kiri, jika dari arah Kota Rantau pilih kanan.
  • Ada perempatan lagi pilih arah sebelah kiri menuju Loksado (lurus menuju jalan alternatif ke Kota Rantau, kanan menuju Kota Kandangan).
  • Terus lurus melewati desa Karang Jawa Muka – Karang Jawa – Kaliring – Jembatan Merah – Padang Batung – Batu Bini.
  • Melewati Gunung Batu Bini.
  • Ada pertigaan seperti huruf “Y”, pilih arah ke kanan (kalau sebelah kiri menuju Desa Madang/Tayub).
  • Melewati  TMP Pusara Bakti Banua.
  • Melewati desa Mawangi.
Memasuki Kecamatan Loksado :
  • Melewati desa Halunuk – Panggungan – Lumpangi.
  • Terus lurus melewati tanjakan yg sangat tinggi, jalannya menikung ke arah kiri lalu ke kanan (bagi yg belum pernah kesini pasti terkejut :D)
  • Di sekitar desa Lumpangi jika ada pertigaan pilih arah lurus saja (jika ke kanan menuju arah ke Batulicin)
  • Terus lurus hingga sampai di retribusi pembayaran, untuk melanjutkan perjalanan harus membayar seharga Rp.5.000,-
  • Memasuki wilayah desa Hulu Banyu (Muara Hatip).
  • Melewati Wisata Graha Sungai Amandit di desa Muara Hatip.
  • Terus lurus melewati gerbang Wisata Pemandian Air Panas Tanuhi.
  • Melewati jembatan hingga ketemu pertigaan seperti huruf “T”, pilih arah ke kiri menuju desa Tanuhi (jika ke kanan menuju desa Haratai)
  • Melewati Pemandian Air Panas Tanuhi.
  • Melewati Wisata Air Terjun Kilat Api.
  • Memasuki Desa Ulang.
Menuju Dusun Kacang Parang :
  • Di sebelah kanan nanti ada jalan yang tidak beraspal dan ada batas RT 03/RK 02, belok ke situ.
  • Terus lurus makin lama jalannya mulai bersemen walaupun kecil.
  • Melewati Batas RT04/RK 02.
  • Melewati 5 kali jembatan kecil.
  • Ada persimpangan jalan, pilih yg sebelah kiri.
  • Melewati Jembatan Gantung.
  • Ada persimpangan jalan, pilih yg sebelah kanan.
  • Tiba di Dusun Kacang Parang.
  • Parkir motor di sekitar pemukiman penduduk.
Menuju lokasi :
  • Di lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit.
  • Melewati perkebunan pisang yg di pagar rendah.
  • Setelah keluar dari perkebunan pisang ada persimpangan, pilih yg sebelah kanan.
  • Nanti ada persimpangan lagi, pilih yg sebelah kiri.
  • Melewati anak sungai yang pertama.
  • Ada persimpangan lagi, pilih yg sebelah kanan.
  • Tiba di sebuah pondok, di sini dapat beristirahat sejenak.
  • Melewati anak sungai yang ke 2.
  • Ada persimpangan lagi, pilih yang sebelah kiri ikuti jalan setapak.
  • Tibalah di Air Terjun Malanghit.

My Diary / My Story :

Kali ini kita pergi dengan jumlah 7 orang : Aku, Iki, Yadi, Jumadi, Udin, Yuli, dan Bahjah. Rencana berawal dari sebuah grup yg belum tau hari ini mau pergi ke mana, padahal hari ini banyak yg libur, terutama Bahjah dan Yadi, oke dahh aku browsing dulu nyari tempat yg agak memungkinkan karna waktu udah menunjukan hampir jam 11 siang. Setelah diskusi yg lumayan panjang kita akhirnya memutuskan untuk pergi ke Air Terjun Malanghit dan Iki sebagai guidenya, karna dia udah pernah ke sini :D. Keberangkatan di mulai dari berkumpulnya Yadi dan Udin di rumahku, sedangkan Bahjah bersama Jumadi sempat datang menuju rumahku, namun pergi lagi dan menunggu di depan RSUD H. Damanhuri. Kemudian aku, Udin, dan Yadi berangkat terlebih dahulu menuju SPBU untuk ngisi bahan bakar motor. Tiba-tiba Yuli ingin ikut, Bahjah jemput Yuli dulu dengan pinjam motor Jumadi. Setelah semua berkumpul di depan RSUD H. Damanhuri kita berangkat dengan aku ikut Udin, Yuli ikut Yadi, Bahjah ikut Jumadi, sedangkan Iki masih menunggu di rumahnya yg berada di desa Tabudarat Hulu. Next...  kita lanjutkan perjalanan.

Setelah sampai di rumah Iki, ternyata Ikinya udah duluan menuju SPBU Kapuh Barikin. Pada akhirnya kita menyusul dan ketemu Iki di sana, setelah itu langsung berangkat menuju Loksado. Di perjalanan yg jalannya udah mulai turun naik ada sedikit momen lucu, kadang Yuli selalu teriak dan pukul-pukul helm Yadi karna takut jatuh dari motor, xixixi :D. Wajar aja Yadi terbiasa bawa motor dengan kecepatan ngebut, apalagi bagian belakang motornya agak terangkat, bisa saja melayang kalau kaga pegangan, xixixi :D.

Setelah sampai di retribusi pembayaran Iki main terobos aja (itu melanggar peraturan biaya woyy :D), sementara kita di tahan oleh para petugas, kalau kaga bayar ya kaga bisa lewat :D . Beruntung banget Iki bisa lolos, kaga di kejar pula, haha :D. Akhirnya kita menyusul Iki dan tiba di desa Tanuhi. Di sekitar sini kita beli alat-alat keperluan hidup dulu biar kaga kelaparan dan kehausan kalau udah sampai di lokasi :D.  Setelah transaksi selesai kita lanjutkan perjalanan menuju desa Ulang. Setelah sampai di Desa Ulang ternyata ada banner air terjunnya, tambah penasaran dan kita lanjutkan perjalanan menuju Kampung Kacang Parang. Waktu masuk ke pedalaman Kampung Kacang Parang jalannya memang agak jauh, agak seram, agak sempit, dan sedikit rusak, tapi udah biasa :D.

Setelah sampai di pemukiman penduduk, kita parkir motor dulu dan agak sedikit ribet bawa barang-barang, malah semuanya mau di masukin ke dalam tasku, haha :D. Kaga bisa dong, tas juga punya muatan, sebagian bawa masing-masing aja dahh walaupun beberapa ada yg kaga sengaja ketinggalan, xixixi :D. Next.. kita menyusuri jalan dengan Iki sebagai guidenya, karna Iki udah lama kaga ke sini jadi lupa-lupa ingat jalannya, tiap kali ada cabang jalan pasti di suruh nunggu dulu, kemudian dia yg cek jalan baru balik lagi, kaga ape-ape lah bukan kita juga yg capek, xixixi :D. Setelah menyeberang anak sungai Bahjah dan Yuli berhenti sejenak, karna aku yg belakangan berhenti juga dahh buat main HP sebentar, hehe :D. Next.. kita lanjutkan lagi perjalanan hingga sampai di sebuah pondok/gubuk kecil yg lantainya udah ambruk, kaga ape-ape lah istirahat dulu, lumayan ada yg bawa permen :D. Terkadang ada yg kaga sengaja duduk di sembarang tempat, tiba-tiba lantainya mau runtuh, bikin kaget aja, haha :D. Kalau runtuh harus tanggung jawab sama yg kena sasaran reruntuhannya, haha :D. Setelah lelah berlalu, kita lanjutkan lagi perjalanan, hanya sedikit lagi untuk menuju lokasi.

Setelah sampai di Air Terjun Malanghit kaga sabaran dahh mau ngambil cekrek-cekrek :D. Tapi karna perut agak lapar pembukaan di mulai dari Amplang punya Yuli dulu, baru bisa menjalani aktifitas masing-masing :D. Di mulai dari Iki dan Yuli yg suka eksis, pada akhirnya yg duduk-duduk jadi ikutan, xixixi :D. Awalnya ada yg kaga berani dekat-dekat air terjun karna takut palungnya dalam, ternyata masih dangkal :D. Setelah semuanya berkumpul, mulai dahh acara narsisnya :D. Kalau Udin ketemu Yuli pasti bawaan debat terus karna Udin suka gangguin Yuli :D. Udin orangnya emang agak jahil, kadang-kadang suka jepret dengan cara di zoom dalam keadaan yg kaga siap, pas banget dahh cuma keliatan muka-muka kusam, hahaha :D. Beda lagi sama Jumadi dan Bahjah, kalau yg ini di anggap kayak pasangan romantis :D. Sedangkan Yadi di sini sukanya bikin video vlog, dan Iki yg paling liar karna tiap kali mau nyari spot sukanya manjat-manjat kemana-mana, haha :D. Pokoknya apa yg di lakukan di sini bawaannya pengen ketawa terus sampai perut ikutan ketawa juga, hahaha :D.

Karna ketawa yg berlebihan perut mulai lapar lagi, buka-buka cemilan dulu yg ada di dalam tas ku. Ternyata ketemu Wafer Tanggo, padahal ini tanggo yg ku bawa buat Yuli karna dia minta di bawakan itu dari jauh-jauh hari :D , tapi karna Udin yg menemukan akhirnya banyak yg ngambil dahh :D, tapi sisanya masih banyak kok buat Yuli, hehe :D . Oke dahh.. bikin iklan tanggo sejenak sambil mengeringkan pakaian :D.

Setelah pakaian kering baru kita balik lagi ke pemukiman penduduk. Pada saat di perjalanan ada sedikit masalah, Udin lupa menaruh kunci motornya di mana. Akhirnya aku, Udin, dan Yadi balik lagi ke bebatuan di sungai dan mencari-cari kuncinya, tetapi tetap kaga ketemu. Balik aja dahh ke pemukiman penduduk, kali aja ketinggalan di motor. Setelah sampai di tempat parkir ternyata benar Udin lupa cabut kuncinya, syukur dahh ketemu, hehe :D. Sebelum pulang kita sempat berbincang-bincang sejenak dengan warga sekitar, warga di sini sangat senang karna kedatangan pengunjung, kita malah di suruh bilang ke orang-orang kalau di sini ada objek wisata :D. Oke dahh... nanti di perkenalkan objek wisatanya :D. Di sini kita juga sempat lihat ada anak babi yg mungil lari-larian, lucu banget kalau liat tingkahnya, bikin greget, hehe :D. Next.. pada saat mau bayar parkir ternyata kata yg punya halaman terserah aja bayarnya mau berapa, karna kita kebiasaan bayarnya 5 rebo per motor akhirnya kita memutuskan untuk bayar dengan harga segitu. Waktu aku dan Yadi mau ngasih uangnya kita malah di kasih buah pisang, xixixi :D. Kaga nolak juga mumpung perut masih lapar, anggap aja sebagai bonus kunjungan, terimakasih acil, hehe :D. Next.. setelah acara makan pisang dan berbincang-bincangnya selesai, kita lanjutkan perjalanan untuk pulang melalui jalur Hantakan.