Jumat, 22 Desember 2017

TEBING TINGGI PASTING (BUKIT RAJANG WAKI)

Tebing Tinggi Pasting adalah sebuah dinding batu yang tinggi yang terletak di Desa Pasting, Kecamatan Hantakan, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Tebing Tinggi Pasting merupakan sebuah bukit batu yang bentuknya seperti vertikal dengan ketinggian 210 MDPL. Sebenarnya nama Tebing Tinggi Pasting hanya sebagai julukan karna bentuknya seperti dinding yg tinggi. Nama sebenarnya dari Tebing Tinggi Pasting adalah Bukit Rajang Waki. Bukit ini sering di gunakan oleh kalangan pengunjung sebagai aktifitas panjat tebing, sedangkan beberapa warga sekitar menggunakannya sebagai tempat pertambangan batu gamping. Di bukit ini terdapat dua Goa yang cukup di kenal masyarakat yaitu Goa Liang Berangin dan Goa Liang Habu, ke dua Goa tersebut masih menyimpan suasana mistis dan jarang di jelajahi. Untuk menemukan tempat ini sangatlah mudah karna tebing yang tinggi akan jelas terlihat dari pinggiran jalan dan tempatnya juga berada di pinggiran jalan. Dalam kawasan Tebing Tinggi Pasting terdapat 3 potensi wisata yaitu wisata panjat tebing, wisata telusur goa, dan wisata puncak bukit. Namun tempat ini bukanlah wisata resmi, jadi tidak ada pengamanan dan tempat parkir.

Info Perjalanan :
Barabai ke Hantakan :
  • Start dari Jembatan Mesjid Shulaha (Kota Barabai) menuju arah ke Wisata Pagat.
  • Di Kelurahan Barabai Darat ada perempatan pilih arah lurus saja (kiri menuju Lapangan Pelajar, kanan menuju Muallimin)
  • Melewati desa Benawa Tengah – Batali - Gambah.
  • Memasuki wilayah desa Pagat dan menemukan pertigaan di sekitar TMP Kusuma Bangsa (Kubur Pahlawan).
  • Pilih arah sebelah kiri (jika lurus menuju ke Kecamatan Labuan Amas Selatan).
  • Ada pertigaan lagi seperti huruf “Y”, pilih arah sebelah kiri.
  • Melewati jembatan yg aspalnya agak rusak.
  • Terus lurus melewati Objek Wisata Pagat.
  • Dari sini hanya berjarak sekitar 6 km lagi.
  • Jika ada pertigaan lagi di sekitar desa Haliau, jika ke kanan menuju Water Park Baruh Bunga dan Outbound, pilih arah lurus saja.
  • Melewati desa Baru.
Memasuki Kecamatan Hantakan :
  • Tibalah di desa Batu Tunggal.
  • Melewati Objek Wisata Manggasang.
  • Terus lurus menuju ke Kecamatan Hantakan.
  • Jika menemukan pertigaan yg ada tugu di tengahnya dan di atas ada penunjuk arah menuju Wisata Pemandian Air Panas Hantakan, pilih arah ke kanan mengikuti petunjuk tersebut (jika lurus menuju Datar Ajab).
  • Setelah melewati jembatan ada perempatan lagi, pilih arah lurus (jika ke kiri menuju Pemandian Air Panas Hantakan, jika ke kanan menuju ke Manggasang).
  • Memasuki Desa Bulayak.
  • Di desa Bulayak ada pertigaan, pilih arah lurus  (jika ke kiri menuju Haruyan Dayak).
Menuju lokasi :
  • Memasuki Desa Pasting.
  • Di sebelah kiri jalan nanti akan ada sebuah tebing batu yang tinggi.
  • Tibalah di Tebing Tinggi Pasting.
  • Di sekitar tempat ini juga terdapat Goa Liang Berangin dan Goa Liang Habu.

My Diary / My Story :

Kali ini kita pergi dengan jumlah 3 orang : Aku, Ervan, dan Ancah. Sebenarnya rencana awal mau pergi ke Manggasang dan waktu sudah menunjukan jam 3 sore. Kita berangkat dengan Ervan ikut Ancah, dan aku bawa motor sendiri. Karna tempat wisata ini kagak terlalu jauh dari tempat tinggal kita, jadi waktu tempuh cuma sekitar 20 menit. Setelah sampai di Manggasang awalnya cuma liat-liat aja dari tebing yg tinggi untuk tempat parkir. Karna kayaknya kurang asik terfikirkan olehku untuk pergi ke Tebing Tinggi Pasting, sebenarnya udah lama mau ngambil foto di situ, tapi selalu gagal :D. Karna ini waktu yg tepat mumpung ada kesempatan, langsung aja dahh ngajakin mereka ke sana karna tempatnya kagak terlalu jauh dari Manggasang :D. Next... perjalanan di mulai hingga sampai ke tempat yg di tuju dengan aku yg memimpin :D.

Setelah sampai di Tebing Tinggi Pasting kalau di liat tempatnya memang biasa-biasa saja, tapi entah mengapa aku mau ngambil foto di sini, hehe :D. Kita sebenarnya ingin lebih dekat lagi dengan tebing dan goanya, tapi ada beberapa orang yg melakukan pekerjaan memecah batu di sekitar muara goa. Karna kita kaga enak takutnya orang terganggu jadi eksis-eksisnya di pinggiran jalan aja, haha.. :D. Next.. lanjutkan eksis-eksisnya, tiap kali ada yg lewat senyumin aja dahh, xixixi :D. Ada orang yg lewat pake mobil, yg di lihat bukan kita, tapi malah pemandangannya :D, aku ngerasa tuh orang-orang juga pengen ikutan eksis, hahaha :D.

Sebenarnya masih belum terlalu puas, tiba-tiba hari mulai mendung dari sisi yg lain, sedangkan dari sini sudah mulai gerimis, karna takut kehujanan akhirnya kita balik arah lagi ke Manggasang. Di jalan menuju ke Manggasang sempat di guyur hujan, tapi untung ada tempat berteduh di dekat Wisata Manggasang. Karna hujannya sangat deras tak ada pilihan lain selain menunggu, untung aku tadi bawa cemilan di dalam tas, jadi bisa nyantai-nyantai sambil makan cemilan :D . Selain itu kita juga ngobrol-ngobrol dan bercerita-cerita yg lucu untuk menunggu hujan reda. Setelah hujan reda akhirnya kita pulang walaupun menunggunya hampir 1 jam :( .