Jumat, 19 Januari 2018

BUKIT PALAWAN

Bukit Palawan adalah sebuah bukit yang terletak di Desa Mawangi, Kecamatan Padang Batung, Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Bukit Palawan merupakan bukit yang puncaknya terdapat berbagai spot-spot romantis. Bukit Palawan di kelola menjadi objek wisata sejak bulan Februari 2017. Bukit ini merupakan bukit dengan spot-spot romantis yang  pertama kali muncul di Kecamatan Padang Batung sebelum bukit-bukit dengan spot lainnya bermunculan. Pada bulan Maret 2017 bukit ini sempat hitz dan di kunjungi beribu-ribu wisatawan dari anak-anak , remaja hingga orang tua. Bukit ini puncaknya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 20-30 menit melakukan perjalanan dapat tiba di atas puncak. Di Puncak Bukit Palawan sudah tersedia WC dan banyak warung. Pada awalnya Bukit Palawan hanya memiliki 3 spot, namun seiring berjalannya waktu spot-spot lainnya pun bermunculan untuk bersaing dengan bukit-bukit baru lainnya. Beberapa spot saat ini di antaranya serambi bambu dengan 2 cinta di kanan dan belakang, rumah pohon yg muat 2 orang, dan rumah pohon yg muat 5 orang..

Info Perjalanan :
Barabai ke Kandangan :
  • Start dari perbatasan Kota Barabai-Kandangan (Kabupaten HST-HSS).
  • Terus lurus menuju arah Kota Kandangan.
  • Melewati desa Bamban Utara – Bamban – Bamban Selatan – Angkinang – Angkinang Selatan –  Pakumpayan – Bakarung – Gambah Luar.
  • Nanti ada pertigaan seperti huruf “Y” pilih arah ke kiri.
  • Terus lurus melewati Waterboom Kandangan dan Terminal Bus Kandangan.
  • Ketemu lagi pertigaan di tengahnya ada Bundaran Ketupat, pilih arah sebelah kiri menuju  Loksado (jika ke kanan menuju Kota Kandangan).
Kandangan ke Mawangi :
  • Start Tugu Bundaran Ketupat.
  • Jika dari arah Kota Barabai pilih kiri, jika dari arah Kota Rantau pilih kanan.
  • Ada perempatan lagi pilih arah sebelah kiri menuju Loksado (lurus menuju jalan alternatif ke Kota Rantau, kanan menuju Kota Kandangan).
  • Terus lurus melewati desa Karang Jawa Muka – Karang Jawa – Kaliring – Jembatan Merah – Padang Batung – Batu Bini.
  • Melewati Gunung Batu Bini.
  • Ada pertigaan seperti huruf “Y”, pilih arah ke kanan (kalau sebelah kiri menuju Desa Madang/Tayub).
  • Melewati  TMP Pusara Bakti Banua.
  • Memasuki Desa Mawangi.
Menuju Lokasi :
  • Terus lurus melewati Wisata Gunung Payung.
  • Di sebelah kanan nanti terdapat Banner dengan Tema Bukit Palawan.
  • Sedikit lagi akan terlihat SDN Mawangi di sebelah kanan jalan.
  • Masuk ke situ lalu parkir.
  • Harga parkir terkini seharga Rp.5.000,- per motor dan harga masuk Rp.3.000,- per orang.
  • Di lanjutkan menuju bagian belakang sekolah dan melewati WC umum.
  • Dari sini akan terlihat jalan bersemen, ikuti jalan tersebut beberapa meter.
  • Di sebelah kanan nanti terdapat gerbang, tangga, dan jalan yg menanjak menuju Bukit Palawan.
  • Ikuti jalan tersebut hingga sampai ke puncak.
  • Di perlukan waktu sekitar ± 20-30 menit untuk menuju puncak.
  • Pada jalan menuju puncak terdapat beberapa cabang jalan, namun semua jalannya tetap mengarah ke puncak.
  • Tibalah di Puncak Bukit Palawan.

My Diary / My Story :

Kali ini kita pergi dengan jumlah 6 orang : Aku, Iki, Udin, Yadi, Rifki, dan Ancah. Sebenarnya kita sempat ngajak Nisa, tapi katanya dia mau pergi duluan dengan teman-temannya yg lain. Waktu ini adalah waktu pertama kali di kelola atau waktu lagi hitznya Bukit Palawan, kebetulan di sini hanya masih ada 3 spot. Di mulai dari Iki yg upload foto wisata Bukit Palawan ke grup BBM, dia dapat info dari sebuah grup di Facebook. Karna kita tertarik, akhirnya kita mulai mengatur rencana untuk pergi ke sana, dan rencana di tetapkan pada hari minggu. Kebetulan pada hari yg sama ada acara Anniversary Orpala Linggis (sebuah komunitas penjelajah alam) di Graha Sungai Amandit. Waktu ini aku belum masuk kelompok KOMPAK (Komunitas Penjelajah Alam Kalimantan), hanya Iki yg terdaftar sebagai anggota. Kelompok KOMPAK pada hari yg sama di wajibkan menghadiri acara anniversary antar komunitas bagi yg tidak ada halangan. Sedangkan Iki sedang terikat sebuah rencana dengan aku dan yg lain, jadi dia harus cari-cari alasan biar rencana keberangkatan ke Bukit Palawan tetap berjalan lancar :D.

Next.., keberangkatan di mulai dari rumahku menuju ke rumah Iki di Desa Tabudarat Hulu dengan Ancah ikut Udin, Rifki ikut Yadi, dan aku bawa motor sendiri. Setelah tiba di rumah Iki sekitar jam 9 pagi, aku titip motor dulu di halaman rumah Iki dan ikut dengannya. Setelah semua peserta sudah siap kita lanjutkan perjalanan ke Bukit Palawan, sebelumnya aku dan Iki ngisi bahan bakar motor dulu di POM Kapuh Barikin, ternyata di sini Iki punya banyak kenalan, jadi masih bisa nostalgia sebentar, xixixi :D. Next.. Di perjalanan menuju ke Bukit Palawan banyak para anggota komunitas penjelajah alam yg berpapasan dengan kita, mungkin pulang dari acara Anniversary Orpala Linggis. Aku kaga ada yg kenal, cuma Iki aja yg tau, hehe :D. Setelah sampai di lokasi Bukit Palawan, lebih tepatnya di kawasan SDN Mawangi kita parkir motor dulu dan tak di sangka banyak sekali yg berkunjung kesini seperti sebuah pasar hingga beratus-ratus orang :D. Di sekitar tempat parkir kita ketemu dengan Komunitas Orpala Garimbas, Iki sempat ngobrol-ngobrol dengan mereka dan aku cuma memperhatikan :D. Kata mereka kelompok KOMPAK juga ada di puncak. Sebelum nanjak kita beli jajanan pentol dulu untuk mengganjal perut dan tak lupa beli minuman :D. Setelah sudah siap nanjak kita beli tiket dulu seharga 2 rebo untuk 1 orang, baru nyari WC karna kebanyakan minum, xixixi :D. Selanjutnya kita lanjutkan perhalanan menuju ke puncak.

Setelah tiba di puncak ternyata udah lihat kelompok KOMPAK di depan mata. Aku dan Iki mendekati mereka dan sedikit berbincang-bincang. Sementara Yadi, Udin, Ancah, dan Rifki entah pergi kemana, yg jelas masih di sekitar puncak. Tak berapa lama datanglah Nisa bersama temennya (Imut) dari kejauhan. Ternyata Nisa sekarang udah masuk kelompok KOMPAK :D. Setelah berbincang-bincang sejenak, aku menyusul yg lain muter-muter, memang susah nyarinya kalau lagi banyak orang. Tapi akhirnya ketemu juga, ternyata mereka duduk-duduk di sebuah tempat yg di atasnya ada pelindung buat bernaung, di sebelahnya juga ada warung :D. Karna di sini masih dalam nuansa sangat-sangat ramai, jadi kalau mau foto-foto pake spot harus ngantri berjam-jam, karna spotnya hanya ada 3 macam, buktinya Nisa sama Imut dari pagi nungguin belum ada satu pun dapat foto di salah satu spot, xixixi :D .

Next.. daripada ngantri mending piknik dulu, nanti mubazir makanan yg di bawa kaga di makan :D. Tak berapa lama Nisa dan Imut lewat lagi mau deketin spot yg ada di sini. Oke dahh... waktunya kita mulai babak awal, di mulai dari eksis-eksis bersama Nisa dan Imut di tengah keramaian, kaga peduli pake spot atau kaga yg penting bisa eksis, xixixi :D. Tak berapa lama Imut mau ngambil carier buat foto-foto, akhirnya dia balik lagi bersama Iki dan eksis-eksis lagi :D. Makin lama kita makin mendekati salah satu spot, karna jumlah kita lumayan banyak akhirnya kita bisa ngalangin orang-orang yg di belakang yg mau deketin spot, hahaha :D. Tak menyangka kita bisa eksis-eksis juga di salah satu spot secara bersamaan maupun bergantian :D. Tak berapa lama kelompok KOMPAK mau pulang dan di antaranya menghampiri kita (Yazid dan Ma’an). Karna Imut dan Nisa berangkatnya sama mereka, jadi pulangnya harus sama mereka juga. Sekarang hanya tinggal aku, Iki, Udin, Yadi, Rifki, dan Ancah, tapi kita tetap kembali eksis muter-muter kemana-mana nyari tempat yg bagus :D. Sampai akhirnya mulai lelah dan duduk-duduk sejenak, sebenarnya mau ngantri di salah satu spot lain yaitu rumah pohon yg bermuatan hanya 5 orang, sambil menunggu Udin, Ancah, dan Rifki pake acara rebutan ayunan segala, haha.. :D. Waktu ini Iki juga dapat pesan dari kelompok KOMPAK kalau komunitas PESAN BORNEO sedang nanjak, jadi dia dapat tugas biar bisa akrab dengan mereka :D. Awalnya Iki malu-malu, padahal mereka udah berada di sekitar kita, akhirnya dia berani nyapa juga :D. Waktu Iki ngobrol-ngobrol dengan mereka, akhirnya spot yg kita tunggu kosong juga, tanpa buang waktu sebelum ada yg nempatin lagi kita langsung naik. Akhirnya bisa jepret-jepret juga walaupun sedikit terdesak karna kaga enak sama yg di bawah lagi ngantri, xixixi :D. Setelah itu akhirnya Iki bersama komunitas PESAN BORNEO bisa foto bareng juga di spot rumah pohon :D.

Next... setelah komunitas PESAN BORNEO turun dari rumah pohon akhirnya kita berpisah karna mereka mau turun dari puncak. Sebenarnya kita masih menunggu kesempatan biar bisa potret di spot yg satunya lagi, karna ada 3 spot jadi hanya tinggal satu lagi yg belum. Tapi karna salah satu di antara kita ada yg ingin cepat pulang dan orang-orang yg ngantri di spot yg kita tunggu masih banyak, jadi kita memutuskan untuk turun dari puncak. Setelah turun kita pulang menuju Kota Barabai, sebelumnya aku ngambil motor aku dulu di rumah Iki yg ada di Desa Tabudarat Hulu, baru lanjutkan lagi perjalanan pulang :D.