Rabu, 11 Oktober 2017

JEMBATAN GANTUNG NATEH

Jembatan Gantung Nateh adalah sebuah jembatan gantung yang terletak di Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Timur, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Jembatan Gantung Nateh di buat pada awal tahun 2000 an, namun baru-baru ini jembatan ini menjadi hitz karna banyaknya pengunjung yg sering berfoto dan mengupload foto mereka ke sosial media. Jika di perhatikan Jembatan Gantung Nateh hanyalah jembatan gantung biasa yang kurang menarik, namun yang membuatnya terlihat menarik adalah panorama deretan bukit-bukit, sungai, dan bebatuan yang ada di sekitarnya. Jika di lihat dari panorama deretan bukit-bukit tanpa mengambil background sungai jembatan ini terlihat seperti jembatan yang sangat tinggi yang membuat anda seperti berjalan di udara. Apalagi ketika saat  pemandangan berkabut di pagi hari, maka pemandangan benar-benar terlihat ekstrem. Jembatan ini menghubungkan dua bukit yang saling berjauhan, selain itu juga menghubungkan jalan utama desa ke perkebunan warga sekitar. Lokasi menuju jembatan ini tergolong mudah karna berada di pinggiran jalan utama desa Nateh.

Info Perjalanan :
Barabai ke Birayang :
  • Start dari Simpang Tiga Mandingin.
  • Terus lurus ke arah Kota Paringin / Kota Tanjung.
  • Melewati desa Kubur Jawa dan desa Kapar.
  • Setelah sampai di pertigaan desa Kapar, pilih arah lurus menuju desa Birayang (jika ke kiri menuju Kota Paringin / Kota Tanjung).
  • Melewati desa Banua Rantau dan desa Lok Besar.
  • Memasuki desa Birayang.
Birayang ke Nateh :
  • Terus lurus hingga menemukan pertigaan yg di tengahnya ada Tugu, pilih arah ke kiri (jika ke kanan menuju ke Kecamatan Batu Benawa)
  • Setelah sampai di perempatan Pasar Birayang, pilih arah ke kanan menuju ke Batu Tangga (jika lurus menuju Kecamatan Limpasu, jika ke kiri menuju Pasar Birayang).
  • Melewati desa Birayang Timur – Wawai –Wawai Gardu – Labuhan.
  • Melewati Bendungan Batang Alai / Bendungan Sakutang Indah.
  • Tiba di desa Batu Tangga.
  • Terus  lurus hingga menemukan pertigaan yg di sekitarnya ada gunung batu, pilih arah ke kiri menuju desa Nateh (jika lurus menuju ke desa Tandilang).
Menuju lokasi :
  • Melewati dua kali jembatan.
  • Melewati Lembah Bukit Balu.
  • Di sebelah kanan nanti akan terlihat sebuah jembatan gantung, dan di sebelah kirinya terdapat Bukit Balu.
  • Parkir motor di sekitar jembatan.
  • Tibalah di Jembatan Gantung Nateh

My Diary / My Story :

Kali ini kita pergi dengan jumlah 4 orang : Aku, Iki, Ancah, dan Ancah. Menyambung kisah sebelumnya setelah dari Lembah di Bukit Balu kita mencari Jembatan Gantung Nateh. Sebelumnya kita singgah sejenak di perkebunan warga karna melihat awan yang berada di bawah gunung, pemandangannya memang bagus, tapi lama kelamaan awannya mulai naik, kaga sempat dahh ngambil momennya :(. Kaga ape2 lah, lanjutkan lagi perjalanannya :(.

Kebetulan kali ini Iki yg lihat jembatannya di sebelah kanan jalan, aku mengira jembatannya kaga berada di pinggiran jalan :D. Oke dahh.. Kita langsung parkir motor lagi di pinggiran jalan dan melihat-lihat keadaan sungai. Kali ini airnya terlihat keruh, tapi lumayanlah daripada kering :D. Pertama-tama aku dan Iki turun mendekati batu yg besar dan tinggi di pinggiran sungai, alasannya biar bisa ngambil spot jembatannya dari batu ini secara bergantian, haha :D. OK dahh, kita mulai dengan ke eksisan Ancah dan Saidi di Jembatan Gantung Nateh :D. Next.. sekarang gantian, Iki yg jadi fotografer, kemudian baru Ancah. Setelah puas eksis-eksisnya kita ngumpul semua di bebatuan sungai sambil makan-makan cemilan, enaknya makan-makan di tengah sungai, haha :D.

Next.., Aku dan Iki berpindah tempat ke bagian sisi sungai lainnya, ternyata di sini juga bagus spotnya walaupun tanpa jembatan :D. Setelah Ancah nyusul ke sini kita balik lagi ke bebatuan tadi, hahaha :D. Karna masih ingin lanjut ke satu destinasi lagi kita bersiap-siap untuk berangkat :D. Sebelumnya eksis2 sebentar lagi di Jembatan Gantung Nateh dengan potret jarak dekat, kalau di jembatan gantung hati-hati jembatannya goyang-goyang, goyangannya agak sedikit beda karna yg goyang-goyang seseorang yg kelamaan nunggu, hahaha :D makanya jangan kelamaan eksis,:D . Next.., karna waktunya masih sempat kita lanjutkan perjalanan mencari Goa Kukup.