Senin, 09 Oktober 2017

BUKIT BALU

Bukit Balu adalah sebuah bukit yang terletak di Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Timur, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Bukit Balu merupakan salah satu bukit berbatu yg menjadi eks tambang marmer, karna di sekitar bukit ini dapat di lihat banyak bongkahan-bongkahan batu marmer. Bukit Balu  memanjang di antara pinggiran jalanan desa Nateh menuju ke pemukiman penduduk. Di sekitar pinggiran jalan dapat di lihat dari jauh bahwa bukit ini memiliki lubang-lubang seperti goa, namun kemungkinan lubang-lubang tersebut banyak yang buntu. Di bagian depan Bukit Balu terdapat sebuah lembah yang di tumbuhi rumput, biasanya warga sekitar membawa ternaknya ke lembah ini. Lembah ini juga sering di kunjungi karna memiliki spot yang bagus dengan background Bukit Balu di belakangnya.

Info Perjalanan :
Barabai ke Birayang :
  • Start dari Simpang Tiga Mandingin.
  • Terus lurus ke arah Kota Paringin / Kota Tanjung.
  • Melewati desa Kubur Jawa dan desa Kapar.
  • Setelah sampai di pertigaan desa Kapar, pilih arah lurus menuju desa Birayang (jika ke kiri menuju Kota Paringin / Kota Tanjung).
  • Melewati desa Banua Rantau dan desa Lok Besar.
  • Memasuki desa Birayang.
Birayang ke Nateh :
  • Terus lurus hingga menemukan pertigaan yg di tengahnya ada Tugu, pilih arah ke kiri (jika ke kanan menuju ke Kecamatan Batu Benawa)
  • Setelah sampai di perempatan Pasar Birayang, pilih arah ke kanan menuju ke Batu Tangga (jika lurus menuju Kecamatan Limpasu, jika ke kiri menuju Pasar Birayang).
  • Melewati desa Birayang Timur – Wawai –Wawai Gardu – Labuhan.
  • Melewati Bendungan Batang Alai / Bendungan Sakutang Indah.
  • Tiba di desa Batu Tangga
  • Terus lurus hingga menemukan pertigaan yg di sekitarnya ada gunung batu, pilih arah ke kiri menuju desa Nateh (jika lurus menuju ke desa Tandilang).
Menuju lokasi :
  • Melewati dua kali jembatan.
  • Di sebelah kiri nanti akan terlihat hamparan padang rumput yg di belakangnya terdapat Bukit Balu, di sekitarnya terdapat kandang sapi/kambing.
  • Parkir motor di pinggiran jalan.
  • Karna tempatnya berpagar, namun pagarnya rendah, jadi motor tidak bisa masuk.
  • Tibalah di Lembah Bukit Balu.

My Diary / My Story :

Kali ini kita pergi dengan jumlah 4 orang : Aku, Iki, Ancah, dan Saidi. Alasan pergi ke sini sebenarnya karna ada kegagalan minggu lalu mau pergi ke Desa Nateh, tapi sayangnya kaga tau ngajak siapa karna banyak yg sibuk. Akhirnya aku mulai berfikir kalau sebaiknya ngajak Iki dulu karna sebelumnya dia belum pernah pergi ke daerah Nateh, ternyata Iki langsung setuju, oke dahh, satu peserta sudah setuju dan Iki mulai berangkat kerumahku. Selanjutnya tak di sangka Ancah datang kerumahku, biasanya dia tiap hari libur selalu tour bersama anak-anak club motornya (KBMC), tapi karna hari ini kaga tour akhirnya dia setuju ikut ke daerah Nateh. Selanjutnya sesudah mereka berdua ada di rumahku, tetap saja masih berasa kurang seru kalau cuma bertiga, akhirnya aku ngajak Saidi, karna rumah kami lumayan dekat jadi langsung aja pergi ke rumahnya :D. Pas sampai di rumahnya ternyata dia lagi tidur, kaga ape2 lah kita paksa buat ikut walaupun belum siap2, sampai jam berapapun kita tungguin :D. Next.., setelah Saidi sudah siap, waktunya kita berangkat pake motor dengan Saidi ikut Iki, dan Ancah ikut aku.

Dengan melewati perjalanan yg sudah terbiasa akhirnya sampai juga di desa Nateh . Kali ini kondisi jalannya agak berbeda dengan tahun lalu, sekarang jembatan-jembatannya sudah kaga rusak lagi :) . Next.. pertama-tama kita memutuskan untuk pergi ke Jembatan Gantung Nateh, tiap kali ada sungai di pinggiran jalan tengok kiri kanan dulu, haha :D. Tapi ternyata yang lebih dahulu ketemu adalah sebuah lembah di Bukit Balu, lembah ini tanpa sengaja kita lihat di pinggiran jalan. Awalnya aku kaga tau posisi lembah ini di mana, tapi aku perhatikan tempatnya sama persis dengan foto yg di upload Bahjah di IG, akhirnya ketemu juga nee tempat :D.

Next.. karna sudah di depan mata kita mencoba mendekati tempat ini. Tapi sayang sekali motor kaga bisa memasuki kawasan ini karna tempatnya di pagari dan banyak rumput yg tinggi, jadi hanya bisa parkir di pinggiran jalan. Untuk jaga-jaga kita kunci leher motornya dan bawa helm masing-masing mendekati kaki Bukit Balu. Sebenarnya motornya masih bisa di lihat dari kejauhan, tapi bahaya juga kalau lengah. Next... kita mulai acara cekrek2 nya :D. Kali ini aku bawa tripod yg agak tinggi, tapi tomsisnya ketinggalan, hehe :D. Lumayanlah masih bisa eksis-eksis, kalau pake tripod semuanya bisa masuk foto tanpa ada yg pegang, haha :D. Tak berapa lama datanglah gerimis yg tak di undang, padahal masih belum puas :(. Karna kita ada bawa alat-alat elektronik jadi berteduh dulu, walaupun cuma di bawah pohon yg kaga terlalu rindang, lumayanlah masih ada yg kaga kena air :D. Next.., setelah gerimis reda lanjut lagi eksis-eksisnya :D. Di sini kita sempat melakukakan beberapa aktifitas seperti makan-makan cemilan,  jalan-jalan sekitar kaki bukit, jalan-jalan ke kandang sapi yg tak berpenghuni, haha :D. Setelah kita puas berada di sini, kita lanjutkan perjalanan mencari Jembatan Gantung Nateh :D.