Jumat, 16 Maret 2018

BUKIT PALAWAN PART. 2

Bukit Palawan adalah sebuah bukit yang terletak di Desa Mawangi, Kecamatan Padang Batung, Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Bukit Palawan merupakan bukit yang puncaknya terdapat berbagai spot-spot romantis. Bukit Palawan di kelola menjadi objek wisata sejak bulan Februari 2017. Bukit ini merupakan bukit dengan spot-spot romantis yang  pertama kali muncul di Kecamatan Padang Batung sebelum bukit-bukit dengan spot lainnya bermunculan. Pada bulan Maret 2017 bukit ini sempat hitz dan di kunjungi beribu-ribu wisatawan dari anak-anak , remaja hingga orang tua. Bukit ini puncaknya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 20-30 menit melakukan perjalanan dapat tiba di atas puncak. Di Puncak Bukit Palawan sudah tersedia WC dan banyak Warung. Pada awalnya Bukit Palawan hanya memiliki 3 spot, namun seiring berjalannya waktu spot-spot lainnya pun bermunculan untuk bersaing dengan bukit-bukit baru lainnya. Waktu ke sini untuk yang ke dua kalinya terdapat penambahan 4 spot yaitu rakit bambu berbentuk seperti jukung, serambi dengan amor besar di belakang, rumah pohon yg lebih besar dan kuat, dan sarang burung.

Info Perjalanan :
Barabai ke Kandangan :
  • Start dari perbatasan Kota Barabai-Kandangan (Kabupaten HST-HSS).
  • Terus lurus menuju arah Kota Kandangan.
  • Melewati desa Bamban Utara – Bamban – Bamban Selatan – Angkinang – Angkinang Selatan –  Pakumpayan – Bakarung – Gambah Luar.
  • Nanti ada pertigaan seperti huruf “Y” pilih arah ke kiri.
  • Terus lurus melewati Waterboom Kandangan dan Terminal Bus Kandangan.
  • Ketemu lagi pertigaan di tengahnya ada Bundaran Ketupat, pilih arah sebelah kiri menuju  Loksado (jika ke kanan menuju Kota Kandangan).
Kandangan ke Mawangi :
  • Start Tugu Bundaran Ketupat.
  • Jika dari arah Kota Barabai pilih kiri, jika dari arah Kota Rantau pilih kanan.
  • Ada perempatan lagi pilih arah sebelah kiri menuju Loksado (lurus menuju jalan alternatif ke Kota Rantau, kanan menuju Kota Kandangan).
  • Terus lurus melewati desa Karang Jawa Muka – Karang Jawa – Kaliring – Jembatan Merah – Padang Batung – Batu Bini.
  • Melewati Gunung Batu Bini.
  • Ada pertigaan seperti huruf “Y”, pilih arah ke kanan (kalau sebelah kiri menuju Desa Madang/Tayub).
  • Melewati  TMP Pusara Bakti Banua.
  • Memasuki Desa Mawangi.
Menuju Lokasi :
  • Terus lurus melewati Wisata Gunung Payung.
  • Di sebelah kanan nanti terdapat Banner dengan Tema Bukit Palawan.
  • Sedikit lagi akan terlihat SDN Mawangi di sebelah kanan jalan.
  • Masuk ke situ lalu parkir.
  • Harga parkir terkini seharga Rp.5.000,- per motor dan harga masuk Rp.3.000,- per orang.
  • Di lanjutkan menuju bagian belakang sekolah dan melewati WC umum.
  • Dari sini akan terlihat jalan bersemen, ikuti jalan tersebut beberapa meter.
  • Di sebelah kanan nanti terdapat gerbang, tangga, dan jalan yg menanjak menuju Bukit Palawan.
  • Ikuti jalan tersebut hingga sampai ke puncak.
  • Di perlukan waktu sekitar ± 20-30 menit untuk menuju puncak.
  • Pada jalan menuju puncak terdapat beberapa cabang jalan, namun semua jalannya tetap mengarah ke atas puncak bukit.
  • Tibalah di Puncak Bukit Palawan.

My Diary / My Story :

Kali ini kita pergi dengan jumlah 18 orang dalam 3 kloter. Kloter pertama ada 9 orang : aku, Iki dan teman-temannya Iki (Iki R, Fitri, Yadi, Rusdi, Nana dan temannya, Raida dengan gebetannya). Kloter ke dua ada 2 orang : Halim (Kompak) dan Iffah (Kompak). Kloter ke tiga ada 7 orang : Fauzan (Garimbas), Yuli, Rahmah, Bahjah, Ridha, Ijoel, dan 1 orang cewek. Keberangkatan di mulai dari kloter pertama yg awalnya di Tugu Simpang Tiga Burung Anggang sebagai titik berkumpul. Waktu itu Iki ke rumahku dulu karna aku udah sepakat untuk ikut motor dia, waktu ini motorku lagi bermasalah :( . Setelah tiba di tempat yg di sepakati untuk berkumpul ternyata tidak ada satu orang pun yg ada di sana. Kita fikir mereka udah pergi duluan, ternyata setelah sampai di depan rumah Iki yg ada di Desa Tabudarat Hulu mereka masih menunggu. Disini ada Iki R, Fitri, Yadi, Rusdi, Iyan Cobex, Uzie, Nana dan temannya. Waktu ini aku tak mengenal satupun di antara mereka, kecuali Iki dan Rusdi :D. Jadi hanya bisa senyum-senyum aja dan kaga banyak bicara, whahaha :D.

Next.., perjalanan di lanjutkan menuju ke Bukit Palawan dengan cara sebentar-sebentar berhenti karna mau ngajak teman-teman yg lain, barangkali mau ikut :D , tapi ternyata zonk semua, haha :D. Setelah sampai di Desa Karang Jawa dekat Mesjid Baitul Makmur kita menunggu beberapa peserta lain lagi yaitu Raida dan gebetannya. Setelah semua berkumpul akhirnya kita berangkat menuju Desa Mawangi dengan aku ikut Iki, Fitri ikut Yadi, Iyan Cobex ikut Uzie, Raida dengan Gebetannya, Nana dengan temannya, dan Rusdi bawa motor sendiri. Setelah tiba di Desa Mawangi ternyata Iyan Cobex dan Uzie beda jalur, mereka mau ke Bukit Halinjuangan, jadi hanya tinggal 9 orang yg menuju ke Bukit Palawan.

Pada waktu ini Bukit Palawan masih dalam nuansa sangat hitz, jadi masih sangat banyak para pengunjung yg berdatangan. Dengan sedikit berbincang-bincang bersama para pengurus wisata akhirnya kita mulai naik ke atas puncak. Di perjalanan naik ke atas puncak teman Nana kelelahan dan hampir pingsan. Untung ada yg bawa minyak telon jadi bisa sedikit membantu. Body temen Nana memang agak berat dan dia juga tidak terbiasa naik ke puncak, xixixi :D. Karna tidak bisa melanjutkan perjalanan jadi dia istirahat dulu dengan Nana, Iki dan Rusdi. Sedangkan yg lainnya melanjutkan perjalanan ke atas puncak. Setelah sampai di atas puncak kita nyari tempat dulu buat gantung hammock punya Iki R :D. Di sini aku sempat ngobrol-ngobrol dengan yg lain biar bisa lebih akrab :D. Dengan penantian yg cukup lama akhirnya sampai puncak juga Nana, teman Nana, Iki, dan Rusdi :D. Tak berapa lama datang juga Halim dan Iffah (anggota Kompak HST) , mereka juga gantung hammock di sekitar kita :D. Karna banyaknya yg berkumpul suasana jadi makin seru dan makin rame :D.

Next.. di mulailah acara berburu fotonya :D. Mula-mula Iki dapat view bagus yg bukan spot umum, di sini Halim dan Iffah juga ikutan foto-foto walaupun ada yg di jahilin, xixixi :D. Selanjutnya Halim dan Iffah yg jaga hammock, sedangkan aku dan yg lain menuju beberapa spot. Spot yg kita tuju sejenis serambi berpagar amor di kedua sisinya. Karna di sini masih di padati antrian jadi kita harus sabar menunggu, hahaha :D. Next.. spot yg ke dua adalah rumah pohon mini, di sini juga harus antri, harus ekstra sabar :D . Selanjutnya dari sini kita mulai foto-foto pake Yi Cam punya Iki R. Spot selanjutnya rumah pohon dekat kita gantung hammock tadi, di sini spotnya sepi jadi bisa eksis-eksis sepuasnya :D.

Next.. tak berapa lama datang Fauzan (Garimbas), Yuli, Bahjah, Rahmah, Ijoel, Ridha, dan 1 orang cewek kaga tau namanya :D. Padahal tadi udah cukup bosan, tapi setelah mereka datang suasana jadi tambah asik lagi, apalagi ada Yuli yg selalu bawa kerupuk amplang tiap kali mau bepergian, jadi promosi dah Iki di sini, hahaha :D. Udin tadi juga datang dengan beberapa orang temannya, tapi kita kaga sempat bersapaan, dia kaga dengar kita panggil dan akhirnya kehilangan jejak :D. Next.. spot selanjutnya sejenis serambi yg di tengah bagian belakangnya ada amour, spot ini adalah spot yg paling di minati banyak orang dan sangat lama menunggu antrian. Tapi yg berhasil bertahan dalam penantian hanya Aku, Iki, Iki R, Yadi, dan Rusdi, hahaha :D. Selanjutnya aku dan Iki bergabung dengan Yuli, Rahmah, Ijoel, Bahjah, dan Ridha menuju spot perahu. Di sini kaga banyak peminatnya jadi kita kaga antri :D. Yuli di sini sangat terkenal sehingga para pengurus Bukit Palawan mengejeknya sambil bercanda ketika dia berfoto-foto, hahaa.. :D.

Next.. , setelah puas berada di puncak beberapa di antara kita turun duluan yaitu Fauzan (Garimbas), 1 orang cewek yg di bawa Fauzan, Yuli, Rahmah, Bahjah, Ijoel, Ridha, Nana, temannya Nana, Rusdi, Raida, dan gebetan Raida. Jadi yg tersisa hanya aku, Iki, Iki R, Fitri, Yadi, Halim, dan Iffah. Sebelumnya aku, Iki, dan Iki R mendangi spot sarang burung dulu sebagai penutupan, selanjutnya kita beres-beres dan lepas hammock :D. Tak berapa lama Iyan Cobex dan Uzie menghubungi kita karna sudah turun dari Puncak Halinjuangan, akhirnya kita juga turun dari Bukit Palawan dan mengatur rencana selanjutnya, rencana yg terpilih adalah menuju ke Air Terjun Rampah Muyih :D.