Jumat, 07 September 2018

BUKIT BATU BINI

Bukit Batu Bini adalah sebuah bukit yang terletak di desa Batu Bini, Kec. Padang Batung, Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Bukit Batu Bini adalah sebuah bukit batu yang memiliki banyak spot-spot menarik di atas puncaknya. Selain itu wisata ini satu paket dengan Goa Singa/Goa Lukis yang di dalamnya terdapat lukisan-lukisan dan patung-patung menarik. Wisata ini cukup mudah untuk di jangkau karna letaknya berada di pinggiran jalan utama, hanya sekitar ± 20 menit dapat tiba di atas puncaknya. Pada awalnya sebelum ada spot-spot tersebut tempat ini sangat jarang di kunjungi, namun sekarang sudah di renovasi dengan baik. Sudah ada tempat parkir,  jalan bersemen, tangga, dan bangku peristirahatan sebelum menuju puncak. Untuk warung dan WC hanya bisa di temukan di bawah bukit, anda tidak akan menemukannya jika sudah berada di atas puncak. Untuk spot-spot yg berada di atas Puncak Batu Bini awalnya hanya ada 2 spot, namun semakin lama semakin bertambah karna bersaing dengan bukit-bukit lainnya. Beberapa spot ketika kita kesini di antaranya kursi lamunan, serambi dengan tulisan LOVE di bagian belakang, rakit bambu seperti jukung, dan rumah pohon mini dengan tulisan I love U.

Info Perjalanan :
Barabai ke Kandangan :
  • Start dari perbatasan Kota Barabai-Kandangan (Kabupaten HST-HSS).
  • Terus lurus menuju arah Kota Kandangan.
  • Melewati desa Bamban Utara – Bamban – Bamban Selatan – Angkinang – Angkinang Selatan – Pakumpayan – Bakarung – Gambah Luar.
  • Nanti ada pertigaan seperti huruf “Y” pilih arah ke kiri.
  • Terus lurus melewati Waterboom Kandangan dan Terminal Bus Kandangan.
  • Ketemu lagi pertigaan di tengahnya ada Bundaran Ketupat, pilih arah sebelah kiri menuju Loksado (jika ke kanan menuju Kota Kandangan).
Kandangan ke Batu Bini :
  • Start Tugu Bundaran Ketupat.
  • Jika dari arah Kota Barabai pilih kiri, jika dari arah Kota Rantau pilih kanan.
  • Ada perempatan lagi pilih arah sebelah kiri menuju Loksado (jika lurus menuju jalan alternatif ke Kota Rantau, jika ke kanan menuju Kota Kandangan).
  • Terus lurus melewati desa Karang Jawa Muka – Karang Jawa – Kaliring – Jembatan Merah – Padang Batung.
  • Tibalah di desa Batu Bini.
  • Sebelum SDN Batu Bini ada poster yg memperlihatkan spot-spot yang ada di atas Puncak Batu Bini.
Menuju lokasi :
  • Di sebelah kanan jalan ada jalan bersemen, belok ke situ.
  • Bayar parkir dan masuk seharga Rp.6.000
  • Di lanjutkan berjalan kaki menaiki tangga sekitar ± 7 menit.
  • Akan tiba di Goa Singa/Goa Lukis.
  • Jika ingin menuju puncaknya di lanjutkan lagi berjalan menanjak sekitar ± 13 menit.
  • Tibalah di Puncak Batu Bini.

My Diary / My Story :

Kali ini kita pergi hanya dengan jumlah 2 orang : Aku dan Rifki. Waktu itu wisata ini lagi baru di perkenalkan. Pada tanggal merah teman-teman yg biasanya jalan-jalan sama aku udah pergi ke sini, sedangkan aku kaga libur kerja :( . Next.. aku berniat pada hari minggu mau pergi ke sini, tapi kaga bisa ngajak yg lain, soalnya mereka lagi sibuk dan udah pernah ke sini :( . Untungnya masih ada temen yg butuh liburan, jadi aku ajak si Rifki :D . Padahal waktu ini ada acara survey anggota Kompak ke Pagat Batu Benawa :D, kaga ape2 lah kaga ikut dulu :D.

Next... keberangkatan di mulai dari rumahku dari jam 9 pagi menuju langsung ke Desa Batu Bini. Dulu waktu ke sini sebelum ada spot di puncaknya jalannya belum di semen, sekarang sudah jauh berbeda, sudah ada tempat parkir, gerbang, tangga, dan warung. Waktu ke sini wisatanya masih kurang hitz, karna masih dalam masa renovasi, spot-spotnya pun masih banyak yg belum selesai di buat, tapi sudah lumayan banyak pengunjungnya :D.

Pertama-tama kita berkunjung ke Goa Singa/Goa Lukis dulu karna tempatnya masih satu paket dengan Wisata Puncak Batu Bini. Waktu dulu udah pernah sekali ke sini, tapi gak barengan sama Rifki :D. Ngambil beberapa foto dulu buat kenang-kenangan :D, goanya pun sudah sedikit di renovasi, sekarang sudah ada ayunannya, haha :D.

Next, setelah selesai foto-foto kita lanjutkan menuju ke Puncak Batu Bini, memang kaga lama waktu yg di butuhkan untuk sampai ke puncak, tapi tanjakan itu lho yg bikin capek, karna jalannya kagak terlalu memutar :D. Banyak ketemu orang-orang yg istirahat di tengah jalan, kalau kita ngeliat juga berasa capek, jadi berhenti dulu sejenak, haha :D. Next, lanjutkan lagi secara perlahan dan akhirnya sampai juga di atas puncak :D. Istirahat dulu sejenak, karna di sini kaga ada tempat bernaung, jadi hanya bisa bernaung di batu-batu yg agak tinggi saja. Di sini juga kaga ada warung, tapi beruntung ada pedagang roti dan pedagang air minum yg naik ke sini, jadi bisa ngisi tenaga dulu :D.

Karna di sini masih lumayan banyak pengunjung, jadi kalau mau foto-foto di spot harus ngantri :D. Tapi ada spot yg masih kosong seperti lanting yg berbentuk seperti jukung, jadi kita memilih itu dulu. Selanjutnya kita pilih kursi lamunan, karna di sini banyak peminatnya, jadi harus ngantri :D. Setelah masuk giliran kita ternyata foto - fotonya kurang memuaskan, jadi harus ulang lagi :( . Waktu mau ulang spotnya ternyata udah di tempatin sama orang lain, jadi nyari pemandangan lain dulu dahh yg tanpa spot : D. Tak berapa lama kita ketemu cewek kenalannya Rifki, namanya Eli, dia juga nanjak sama temen-temen ceweknya yg lain. Mumpung ketemu eksis bareng aja dahh, xixixi :D. Sempat juga Eli jadi fotografernya waktu giliran kita di spot kursi lamunan lagi :D.

Next, setelah Eli ikut teman-temannya yg lain kita juga menuju spot ruman pohon mini yg di belakangnya ada tanda I love U, waktu naik ke sini rumah pohonnya goyang-goyang, mungkin karna belum sempurna di buat. Tapi kita tetap maksa buat ngambil foto di situ, xixixi :D. Biar ekstrem dikit tapi dapet juga fotonya :D. Next.. lanjutkan lagi ke serambi yg di belakangnya ada tulisan LOVE, di sini kita ketemu Eli dan teman-temannya lagi. Sempat becandaan sama mereka di sini, setelah itu mereka turun dari puncak :D. Kita pun setelah ngambil spot di serambi tadi juga mau turun, dengan beberapa jepretan di spot terakhir akhirnya kita turun dari Puncak Batu Bini. Karna waktu masih siang hari jadi masih bisa lanjutkan perjalanan, aku memutuskan untuk pergi ke Bukit Halinjuangan :D.