Kamis, 09 Februari 2017

OBJEK TAMBANG BITAHAN BARU

Objek Tambang Bitahan Baru terletak di desa Bitahan Baru, Kec. Lokpaikat, Rantau, Kabupaten Tapin.
Objek Tambang ini merupakan sebuah lokasi tambang batu bara. Sebenarnya ini bukanlah objek wisata, tapi karna tempatnya berada di pinggiran jalan yang proyeknya dapat di lihat secara langsung, kita mungkin akan singgah sejenak. Objek Tambang ini berupa lubang yang sangat besar dengan menyerupai bukit dan lembah yang tanahnya berwarna putih dan bergaris-garis. Kadang kita akan tertarik dengan pemandangannya jika melihat dari pinggiran jalan. Namun yang harus di perhatikan dari tempat ini adalah polusi udara karna banyaknya debu-debu yang beterbangan. Alangkah baiknya memakai masker dan memilih tempat yang datarannya agak tinggi untuk mengambil beberapa momen.

Info Perjalanan :
Kandangan ke Bitahan Baru :
  • Start dari Perbatasan Kabupaten Hulu Sungai Selatan – Tapin (Kandangan – Rantau)
  • Melewati desa Parandakan – Bataratat – Lokpaikat – Binderang.
  • Di sekitar desa Binderang ada pertigaan seperti huruf “Y” , pilih arah sebelah kiri (Jika ke kanan menuju ke Kota Rantau).
  • Memasuki Desa Bitahan Baru.
Menuju lokasi :
  • Ada perempatan, pilih arah ke kiri (Jika lurus atau belok kanan menuju ke Kota Rantau).
  • Jika ada pertigaan, tetap pilih arah lurus saja.
  • Melewati 2x jalur tambang.
  • Tibalah di Objek Tambang Bitahan Baru

My Diary / My Story :

Kali ini kita pergi dengan jumlah 5 orang : Aku, Yadi, Iki, Udin, dan Rifki. Waktu ini Yadi sedang libur kuliah, jadi dia ngajakin kita trip ke daerah rantau, katanya mau pergi ke air terjun yg dulu pernah kita dapatkan infonya dari desa Malinau (Air Terjun Bagandah), dan Iki juga punya usul untuk pergi ke sebuah bukit (Bukit Manggindang). OK dahh! Kita ambil dua-duanya. Untuk nambah peserta aku ngajakin Udin trip juga, sedangkan Jumadi kali ini kaga ada khabarnya alias kaga bisa di hubungin :D. Next.. perjalan di mulai dari Kota Barabai dengan jumlah peserta 3 orang : Aku, Yadi, dan Udin. Sedangkan Iki udah duluan pergi menuju Kota Kandangan dan menunggu di sebuah Mesjid Al-Abrar sekitar desa Gambah Luar. Setelah semuanya udah ketemu kita ngerasa kurang seru dengan jumlah 4 orang. Akhirnya aku punya usul untuk ngajakin Rifki yg tinggal di sekitar wilayah Kota Kandangan, lebih tepatnya di desa Gambah Dalam. Next.. kita berangkat menuju rumah Rifki, ini pertama kalinya Iki kenal sama Rifki, kalau kita mahh udah kenal lama :D. Setelah beberapa perundingan dari peserta sosialisasi, dengan sedikit becandaan akhirnya kita berangkat :D. Next.. Aku ikut Udin, Rifki ikut Yadi, dan Iki pakai motor sendiri. Ma'lum kalau aku sering ikut teman, soalnya motor aku kaga tahan buat turun naik gunung... Xixixi.. :D.

Pada awalnya aku yg menjadi guide, tapi karna aku taunya rute yg lebih jauh Udin bawa motornya agak cepat, pada akhirnya kita berbeda jalur dengan yg lain. Di sekitar desa Binderang ada persimpangan jalan, aku sama Udin pilih belok kanan, sedangkan Iki, Yadi, dan Rifki memilih belok kiri. Untung mereka ngeliat kita yg berbeda jalur dan nungguin di sekitar persimpangan tadi. Akhirnya Udin balik arah sehingga aku sama Udin selamat dahh :D. Karna Iki lebih berpengalaman dalam urusan jalan yg rutenya lebih dekat, guide berganti menjadi Iki :D. Next..kita lanjutkan perjalanan mengikuti Iki, dengan melewati jalan yg sepi dan aspalnya agak rusak serta melewati beberapa kali jalur tambang.

Di sekitar proyek tambang Udin tertarik untuk berfoto di sekitar sini, kita ikut-ikutan aja dahh :D. Awalnya pengen waktu pulang aja eksis-eksisnya disini, tapi kata Iki rute pulangnya kaga lewat sini lagi, OK dahh kita berhenti dulu :D. Inilah yg namanya Objek Tambang Bitahan Baru. Kita di sini mengambil 4x part (titik lokasi) :D , part 1 : foto di tengah jalan yg backgroundnya bagus, part 2 : foto di pinggir jalan yg agak naung sekitar lubang tambang, part 3 : foto di tebing yg agak tinggi dan luas, disini paling banyak eksis2 nya :D, tapi Iki kaga ikut berpartisipasi :( , dan part 4 : foto dekat pohon yg unik, Iki memberi nama pohon ini adalah pohon kipas :D. Setelah itu kita lanjutkan lagi perjalanan menuju Bukit Manggindang, tak lama di sekitar pinggiran jalan kita menemukan sebuah pondok yg menggoda selera buat eksis :D, berhenti lagi dahh di sekitar sini, haha.. :D. Dari beberapa tempat2 yg di singgahi, Rifki dan Yadi paling lama eksis2 nya, sampai2 ketinggalan beberapa meter tiap mau jalan :D.