Selasa, 08 Maret 2016

BUKIT KUDAI

Bukit Kudai adalah sebuah bukit yang terledak di Kampung Tambak Pipi'i, Desa Batu Laki, Kec. Padang Batung, Kandangan, Kab. Hulu Sungai Selatan.
Bukit Kudai merupakan salah satu tempat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang sangat cocok untuk camping. Bukit ini masuk dalam kawasan hamparan perbukitan yang berada di tengah-tengah bukit lain. Perbukitan ini sangat luas dan panoramanya sangat indah karna berjajar antara bukit yang satu dengan bukit yang lain. Tempat ini sangat cocok bagi kalian yang hobi berfoto dengan latar bukit sebagai backgroundnya. Namun akses jalan menuju kesini tidaklah mudah dan masih menggunakan jalan setapak, banyak tikungan, banyak tanjakan dan turunan yang sempit. Jika waktu hujan lumayan sulit karna jalanan menjadi berlumpur dan licin. Tapi bagi yang kurang berani melewati jalan tersebut bisa menggunakan jasa ojek dengan biaya 20rbu per orang. Di tempat ini dari tempat parkir menuju ke puncak Bukit Kudai sudah di sediakan beberapa warung agar dapat beristirahat dan menghilangkan rasa haus.

Bukit-Kudai

Info Perjalanan :
Barabai ke Kandangan :

• Start dari perbatasan Kota Barabai-Kandangan (Kabupaten HST-HSS).
  • Terus lurus menuju arah Kota Kandangan.
  • Melewati desa Bamban Utara – BambanBamban Selatan – Angkinang – Angkinang Selatan – PakumpayanBakarung – Gambah Luar.
  • Nanti ada pertigaan seperti huruf “Y” pilih arah ke kiri.
  • Terus lurus melewati Waterboom Kandangan dan Terminal Bus Kandangan.
  • Ketemu lagi pertigaan di tengahnya ada Bundaran Ketupat, pilih arah sebelah kiri menuju Loksado (jika ke kanan menuju Kota Kandangan).
Kandangan ke Padang Batung :
  • Start Tugu Bundaran Ketupat.
  • Jika dari arah Kota Barabai pilih ke kiri, jika arah dari Kota Rantau pilih ke kanan.
  • Ada perempatan lagi pilih arah sebelah kiri menuju Loksado (lurus menuju jalan alternatif ke Kota Rantau, kanan menuju Kota Kandangan).
Memasuki Kecamatan Padang Batung :
  • Terus lurus melewati desa Karang Jawa Muka – Karang Jawa – Kaliring – Jembatan Merah – Padang Batung.
  • Di sekitar desa Padang Batung ada pertigaan yg di atasnya ada plang ke desa Malutu/Batu Laki, pilih arah ke kanan mengikuti petunjuk tersebut (jika lurus menuju arah Loksado).
  • Melewati Jembatan.
  • Melewati desa Durian Rabung.
  • Memasuki desa Jalatang
  • Terus lurus hingga menemukan pertigaan seperti huruf “T”, di depannya ada sungai, pilih arah yg sebelah kiri (Jika ke kanan menuju Kota Rantau).
  • Di sekitar desa Jalatang nanti ada pertigaan yg ada penunjuk arahnya menuju desa Malutu, pilih arah lurus saja (Jika ke kanan mengambil jalur menuju alternatif ke Kota Rantau atau jalur ke Gunung Batu Laki jika menyimpang).
  • Melewati desa Malutu dan desa Batu Laki.
  • Melewati Bendungan Amandit.
  • Melewati Gunung Batu Laki.
  • Terus lurus hingga menemukan pertigaan yg ada penunjuk arahnya ke Bukit Kudai, belok ke kanan.
Menuju lokasi :
  • Terus lurus hingga sampai di jalan yang tidak beraspal lagi.
  • Setelah sampai di jalan yg sudah tidak beraspal, sebelah kanan ada warung, sebelah kiri ada jalan rusak yg menurun.
  • Ikuti jalan sebelah kiri yg menurun tersebut.
  • Dari sini sekitar ± 5 km lagi atau sekitar ± 25 menit.
  • Memasuki kampung Tambak Pipi'i.
  • Jalannya lumayan sulit, apalagi pada saat musim hujan, bisa menjadi becek dan berlumpur.
  • Terus lurus hingga menemukan tempat parkir.
  • Bayar parkir seharga Rp.5.000,- per kendaraan.
  • Dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati 7x anak sungai.
  • Sampailah di retribusi pembayaran seharga Rp.2.000,- per orang.
  • Ikuti penunjuk arahnya menuju Bukit Kudai.
  • Tibalah di puncak Bukit Kudai.

Selain Bukit Kudai, di tempat ini juga ada objek wisata lain dalam satu kawasan perbukitan, yaitu : Bukit Kucing/ Bukit Taleweh, Air Terjun Riam Menangis, dan Air Terjun Riam Menanti. Sudah ada petunjuknya jika ingin pergi ke salah satu objek wisata tersebut.

My Diary / My Story :

Kali ini kita melakukan perjalanan dengan jumlah 8 orang : Aku, Yadi, Rifki, Udin, Khaidir, Ancah, Wahyu (teman sekelas Ancah), dan Erni (Mantannya Rifki tpi kayanya udah ga ada rasa :D) satu-satunya cewek yg ikut trip.  Awal pertama kali kita mau kesini, kita liat foto Erni di facebook dengan pemandangan yg bagus ama temen2nya. Katanya itu di bukit Kudai, kaga sabar lagi dahh nunggu minggu depan buat trip :D. Nahh.. ! kali ini Erni kaga sibuk hari minggu tapi motornya ga ada. Untung ada Khaidir yg motornya kosong ga bawa siapa2, jadi Khaidir bisa boncengin Erni :D. Awalnya Erni ngajak temennya yg namanya Erna (belum tau jelas identitasnya). Tapi karna Erna lagi males jalan2 jadinya kaga ada tumpangan dahh, terus Erni pengennya ikut Yadi karna motornya lebih keren daripada yg lain, tapi aku udah duluan isi bensin motor Yadi, jadi kaga bisa di ganggu gugat, xixixi.. :D .Next... Aku ikut Yadi, Ancah ikut Udin, Rifki ikut Wahyu, Khaidir bonceng Erni kayanya Khaidir hepi2 aja bawa Erni :D. Next.. Kita ikutin jalannya sesuai petunjuk Erni sebagai penunjuk arah, banyak juga persimpangannya, agak lupa2 ingat :D. Di jalan ada sedikit kecelakaan kecil, motor Udin ada bermasalah dikit di sekitar desa Jalatang, stop dulu buat minta tolong sama warga sekitar sini. Kata warga mending di bawa ke bengkel, lumayan jauh bengkelnya kalau dari sini, tapi kayanya Udin bisa mengatasi masalahnya sendiri dengan pinjam beberapa alat dari warga, udah ga ada masalah lagi kita lanjut dahh :D.

Sampai di sekitar arah menuju Wisata Balanting Batu Laki, kata Erni mending kalau mau beli air minum atau cemilan sekarang aja, soalnya menuju arah ke Bukit Kudai masih jauh dan ga ada orang jualan di perjalanan. Setelah beli beberapa alat keperluan hidup, baru kita berangkat lagi :D. Karna jalannya yg lumayan becek dan berlumpur tapi ga sebecek waktu Erni sama temen-temennya kesini dulu, dan juga masih banyak wisatawan yg berkunjung kesini jadi banyak stopnya juga karna jalannya sempit. Dengan terpaksa aku, Erni sama Rifki lanjut jalan kaki dengan sedikit memotong jalan yg agak dekat menuju tempat tujuan, tembusnya dekat anak sungai yg di atasnya ada jembatan :D. Setelah balik ke jalan utama kirain mereka udah jauh lewat, ternyata masih di belakang :D. Akhirnya selamat dahh bisa ikut pakai motor lagi, kaga jalan kaki :D. Setelah itu ada jalan yg menurun, sempit, dan licin. Di sini aku sama Yadi agak ragu2 ngelewatin nih jalan karna motor Yadi berat, tapi untung ada orang sana yg kebetulan lewat mau bantuin kami. Selamat dahhh !

Next... sampai di tempat parkir, lanjut lagi dengan jalan kaki melewati tujuh anak sungai dan lumayan jauh jalannya beberapa kilometer. Akhirnya sampai di tempat pembayaran asuransi seharga 2rbu rupiah. Setelah masuk kita lanjut lagi sambil eksis2 di jalan :D. Kaga tau juga yg mana yg namanya bukit kudai :D, soalnya bukitnya banyak dan berjajar, semuanya bisa di capai. Belum nyampai puncak eksis2 dulu sambil istirahat dan makan2 baru lanjut :D. Sampai di warung yg di depannya ada tempat duduk dan ada bendera My Trip My Adventure. Disitulah batas kami melakukan perjalanan walaupun kaga nyampai puncak. Di sana kita eksis2 sambil bikin kertas2 tulisan buat di foto kayak anak2 alay kata Yadi :D. Udah lelah dan cuaca makin panas kita nebeng di warung dulu, mau beli minuman ternyata kaga ada esnya, kaga jadi dahh beli, pakai air persediaan yg ada aja. Disitu banyak juga orang yg nebeng buat berteduh karna cuaca yg panas terik, ada cewek2 nya juga :D. Yadi, Ancah, sama Wahyu kaga tau tuh mau ngapain, tiba2 deketin tuu cewek2 sambil eksis bareng, mungkin mau mancing (mancing perasaan) :D. Tapi cewek2nya kaga ngerespon.. xixixi.. :D (kacian).

Udah waktunya pulang kita eksis2 lagi bentar, sebenarnya tadi mau eksis dekat bendera My Trip My Adventure, tapi karna banyak orang eksis di sana jadi di tunda dulu eksisnya, baru sekarang bisa eksis sepuasnya :D . Setelah puas berada di sini, akhirnya kita turun dari Bukit Kudai walaupun cuaca sedang gerimis, setelah itu kita pulang menuju Kota Barabai dengan keadaan yg kurang fit :( .