Selasa, 15 Maret 2016

PEMANDIAN AIR PANAS TANUHI


Pemandian Air Panas Tanuhi adalah Wisata air panas yang terletak di desa Tanuhi, termasuk dalam kawasan desa Hulu Banyu, Kec. Loksado, Kandangan, Kab. Hulu Sungai Selatan.
Wisata pemandian air panas ini terletak di Pegunungan Meratus. Sangat cocok bagi anda yang ingin berelaksasi setelah mampir di tempat-tempat wisata lain daerah Loksado. Wisata ini terletak di pinggiran jalan sehingga sangat mudah untuk menemukannya. Di dalamnya sangat bersih dan terawat, di lengkapi dengan fasilitas penginapan (cottage), lapangan tenis, toilet, musholla, locked pakaian, aula pertemuan, kafetaria, tempat berbilas, dan beberapa gazebo.



Wisata ini terdiri dari tiga jenis kolam yaitu kolam air panas, kolam berendam, dan kolam renang. Kolam untuk berenang ada yang untuk orang dewasa dan ada juga untuk anak2. Untuk kolam renang orang dewasa tingginya sekitar 2 meter, tidak di peruntukkan bagi orang yang tidak bisa berenang kecuali memakai ban pelampung yang sudah di sediakan tempat penyewaannya. Sedangkan untuk kolam air panas hanya ada satu kolam.



Info Perjalanan :
Barabai ke Kandangan :

  • Start dari perbatasan Kota Barabai-Kandangan (Kabupaten HST-HSS).
  • Terus lurus menuju arah Kota Kandangan.
  • Melewati desa Bamban Utara – BambanBamban Selatan – Angkinang – Angkinang Selatan –  Pakumpayan Bakarung – Gambah Luar.
  • Nanti ada pertigaan seperti huruf “Y” pilih arah ke kiri.
  • Terus lurus melewati Waterboom Kandangan dan Terminal Bus Kandangan.
  • Ketemu lagi pertigaan di tengahnya ada Bundaran Ketupat, pilih arah sebelah kiri menuju Loksado (jika ke kanan menuju Kota Kandangan).
Kandangan ke Loksado :
  • Start Tugu Budaran Ketupat.
  • Jika dari arah Kota Barabai pilih ke kiri, jika arah dari Kota Rantau pilih ke kanan.
  • Ada perempatan lagi pilih arah sebelah kiri menuju Loksado (lurus menuju jalan alternatif ke Kota Rantau, kanan menuju Kota Kandangan).
  • Terus lurus melewati desa Karang Jawa Muka – Karang Jawa – Kaliring – Jembatan Merah – Padang Batung – Batu Bini.
  • Melewati Gunung Batu Bini.
  • Ada pertigaan seperti huruf “Y”, pilih arah ke kanan (kalau sebelah kiri menuju Desa Madang/Tayub).
  • Melewati  TMP Pusara Bakti Banua.
  • Melewati desa Mawangi.
Memasuki Kecamatan Loksado :
  • Melewati desa Halunuk – Panggungan – Lumpangi.
  • Terus lurus melewati tanjakan yg sangat tinggi, jalannya menikung ke arah kiri lalu ke kanan (bagi yg belum pernah kesini pasti terkejut :D)
  • Di sekitar desa Lumpangi jika ada pertigaan pilih arah lurus saja (jika ke kanan menuju arah ke Batulicin)
  • Terus lurus hingga sampai di retribusi pembayaran, untuk melanjutkan perjalanan harus membayar seharga Rp.5.000,-
  • Memasuki wilayah desa Hulu Banyu (Muara Hatip).
  • Melewati Wisata Graha Sungai Amandit di desa Muara Hatip.
  • Terus lurus melewati gerbang Wisata Pemandian Air Panas Tanuhi.
  • Melewati jembatan hingga ketemu pertigaan seperti huruf “T”, pilih arah ke kiri menuju desa Tanuhi (jika ke kanan menuju desa Haratai/Lok Lahung)
Menuju lokasi :
  • Dari sini hanya berjarak 400 meter lagi, letaknya berada di sebelah kanan jalan.
  • Sampailah di tempat parkir.
  • Untuk ke sini dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan  roda 4 atau roda 2.
  • Bayar parkir seharga Rp. 5.000, - untuk roda 2 dan Rp. 10.000,- untuk roda 4.
  • Bayar masuk seharga Rp. 5.000, - untuk orang dewasa dan Rp. 3.000, - untuk anak-anak.


My Diary / My Story :

Tanuhi , adalah sebuah desa yang terkenal dengan Pemandian Air Panasnya. Kali ini kita mulai menuju wisata ini dengan jumlah 5 orang : Aku, Yadi, Udin, Ancah, dan Rifki. Ini waktu pertama kalinya kita jalan2 ke wisata daerah Kandangan / Loksado.  Karna kita udah bosan jalan2 di daerah Barabai, kita coba aja ke daerah wisata di luar kota. Awalnya kita mau pergi ke Loksado, tapi karna ada kasus pembunuhan disana, lagi marak2 nya tuu berita, kita jadi agak takut. Jadi kita putusin aja buat ke wisata daerah Kandangan tapi bukan Loksado. Waktu itu Rifki ngajakin kita ke sebuah wisata di daerah Tanuhi yg kami juga belum tau pasti gimana bentuk tempat wisatanya, soalnya dulu jarang buka internet. Kita cuzz aja dahh,  dari Barabai ke Kandangan Aq ikut Yadi, Ancah ikut Udin. Setelah sampai di rumah Rifki / Kandangan kita nyantai dulu sambil makan buah rambutan yg ada di depan halaman rumah Rifki :D. Setelah mau berangkat, ternyata Rifki kaga ada motornya, padahal dia tadi bilang motornya ada :(. Terpaksa dahh kita bertiga, aq sama Rifki ikut motornya Yadi, Udin sama Ancah berdua.

Perjalanan di mulai dengan Rifki sebagai penunjuk arah,kita  kaga nyangka jalannya bakal se extreme ini, banyak tanjakan, turunan, dan tikungan yg tajam. Di kanan kirinya jurang walaupun jalannya luas dan mulus. Tiba2 setelah tikungan ada jalan yg kami ga bisa lewatin dengan motor karna terlalu berat dengan jumlah 3 orang, tanjakan jalannya terlalu tinggi, terpaksa dahh kita turun :( . Jadi disana kita stop dulu istirahat bentar sambil eksis2 baru nanjak lagi :D. Kata Rifki tadi jalan ke daerah Tanuhi dekat2 aja dan lebih dekat dari daerah Loksado, ternyata jalannya lumayan jauh dan masuk dalam kawasan Loksado :( . Tapi  karna udah terlanjur masuk daerah Loksado kita terusin aja dahh.

Di perjalan beberapa km saat hampir mendekati  gerbang Wisata Air Panas Tanuhi kita kehujanan. Kita terobos aja tuu hujan, hingga sampai ke gerbang tanuhi. Berteduh dulu disana sama banyaknya orang  yg juga dalam perjalanan. Beberapa jam menunggu hujan reda, masih sempat numpang pipis di rumah warga sekitar karna cuaca sedang dingin, hehe.. :D. Akhirnya hujannya udah mulai kaga lebat kita terobos aja dahh :D. Ternyata kaga jauh lagi kita hampir sampai, setelah ngelewatin jembatan, terus ada pertigaan, belok kiri, lanjut 500 meter lagi sampailah kita di tempat tujuan :D.

Wahh Wahh Wahh.. ternyata tempat wisatanya amazing, kaga nyesel datang ke tempat ini walaupun di jalan tadi agak kesal ngelewatin beberapa cobaan dan rintangan :D. Asik2nya kita berendam tiba-tiba  ada dua orang cewek yg menarik perhatian juga berendam disana.  Udin tingkah laku dan omongannya mulai kaga jelas kalau liat cewek, aneh dan lucu kita liatnya… hahaa.. :D. Tapi waktu kita eksis2 pada akhirnya Yadi kaga sengaja duduk sebelahan sama tuu cewek, kenalan dahh mereka. Yadi dahh yg pertama kali kenalan sama tuu cewek, katanya cewek2 tuh datang ke Loksado dari daerah Batulicin cuma berdua (berani juga tuu cewek2).Kasian dahh Udin lagi patah hati, hahaha… cuma bercanda :D. Pas cewek2nya udah mau pulang sempat aja Yadi minta Pin BBM nya. :D. Cihhuy… dapat yg new. Next.. setelah main2 bentar, udah kesorean waktunya kita pulang, kapan2 pengen lagi dahh kesini :D.


Foto-foto kami saat di Pemandian Air Pananas Tanuhi :


















Foto di jalan saat menuju tempat wisata Pemandian Air Panas Tanuhi :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar