Senin, 05 Desember 2016

MESJID AL-AKBAR (ISLAMIC CENTER BALANGAN)



Mesjid Al-Akbar atau Islamic Center Balangan terletak di Jl. Ahmad Yani km 2, Kelurahan Batu Piring, Kec. Paringin Selatan, Paringin, Kabupaten Balangan.

Mesjid Al-Akbar merupakan mesjid terbesar dan termegah di Kota Paringin, letaknya berada di atas sebuah bukit, sehingga ada beberapa tangga yang di bangun di pinggiran mesjid. Dalam pembangunannya mesjid ini memakan waktu sekitar 5 tahun. Mesjid ini di resmikan sejak tanggal 28 Januari 2015 dan merupakan sarana Islamic Center di Kota Paringin. Fasilitas-fasilitas disinipun sudah begitu lengkap untuk menunjang kegiatan ke agamaan. Selain sebagai tempat beribadah, mesjid ini berfungsi sebagai Objek Wisata Religi di Kabupaten Balangan. 



Info Perjalanan :

  • Start dari Perbatasan Kabupaten Hulu Sungai Tengah – Balangan (Barabai-Paringin).
  • Terus lurus menuju Kota Paringin.
  • Melewati Desa Hamparaya - Timbun Tulang – Teluk Mesjid – Batu Mandi – Bungur – Riwa.
  • Di Desa Riwa ada pertigaan, pilih arah sebelah Kanan menuju Kota Paringin (kalau ke kiri menuju ke Kecamatan Lampihong).
  • Melewati Desa Mantimin –Mampari – Batu Piring.
  • Melewati Pom Bensin – Kantor Kemenag Balangan – Kantor Polisi.
  • Terus lurus hingga menemukan jalan yang terbagi 2.
  • Nanti akan menemukan perempatan.
  • Di sekitar perempatan ini terdapat sebuah bangunan yang besar dan megah, tepatnya di sebelah kiri jalan.
  • Itulah yang di namakan Mesjid Al-Akbar (Islamic Center Balangan).



My Diary / My Story :

Kali ini kita berangkat dengan jumlah 4 orang : Aku, Yadi, Saidi, dan Ancah. Waktu ini Yadi dan Ancah belum pernah ke Kota Paringin, hanya aku dan Saidi aja yang pernah :D. Anggaplah ini yg pertama kalinya buat mereka. Sebenarnya kita ke sini karna kaga ada tujuan lagi, ma'lum dulu minim informasi :D. Dulu waktu pertama kali ke Kota Paringin aku sangat terkagum-kagum dengan Mesjid Al-Akbar yang megah mirip seperti istana (agak lebay dikit) :D, tapi kaga pernah foto2 di situ :D.

Keberangkatan di mulai dari rumah aku dengan jumlah 3 orang yaitu Aku, Yadi, dan Ancah. Awalnya kita ngajakin Wahyu, tapi dia lagi ada urusan lain, kaga jadi dahh :D. Karna kurang seru cuma bertiga akhirnya kita ngajakin Saidi. Sekarang ini Saidi tinggal di Komplek sekitar Hotel Borak, memang Saidi biasanya kaga banyak mikir kalau di ajakin jalan-jalan :D. Agak lama juga nungguinnya karna Saidi belum siap2 :D. Lumayan masih bisa numpang kencing sementara menunggu :D, di sini kan toiletnya enak.. haha.. :D. Masih sempat juga becandaan sama Mamanya Saidi :D. Next.. setelah Saidi siap kita berangkat dengan jumlah 2 motor, Saidi ikut Yadi, Ancah ikut aku sekitar jam 10 pagi.

Next.. dengan sedikit perjalanan yg lumayan jauh, tibalah kita di Mesjid Al-Akbar sekitar jam 12 siang :D. Wow.. siapa sangka mesjidnya semegah ini (ma’lum pertama kali) :D. Setelah kita masuk kita nyari tempat buat nyantai2 dulu, tepatnya di pojok paling belakang mesjid, dekat aula :D. Setelah itu cuma diam2 aja kalau bukan aku yang mulai duluan, kaga ada yang mau eksis, haha.. :D. Tak lupa sholat dulu, baru kita lanjutkan lagi :D. Mulai dari belakang sampai ke depan kita kelilingin nih mesjid, cuma buat foto2 :D. Next... setelah puas foto-fotonya kita jajan dulu, di halaman mesjid memang banyak orang yg jualan, jadi suka pilih mau beli apa aja, asal jangan beli yang aneh2 :D. Sekarang udah jam 2 siang, setelah perut udah kenyang kita lanjutkan perjalanan menuju Taman Hijau Balangan :D.


Foto-foto kami saat di Mesjid Al-Akbar :


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar