Rabu, 08 Maret 2017

BUKIT AMBILIK

Bukit Ambilik merupakan bukit berbatu yang terletak di Kampung Ambilik, desa Batu Panggung, Kec. Haruyan, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Bukit Ambilik ini terletak di belakang sebuah sekolah yaitu SMPN 2 Haruyan. Jarak menuju kesini tidak terlalu jauh dari jalan beraspal. Di sekitar badan bukit masih di gunakan oleh warga sekitar sebagai lahan perkebunan walaupun tempatnya agak berbatu. Pemandangan saat berada di puncaknya begitu indah dengan panorama Bukit Ambulung di seberangnya dan background jalan beraspal kalau di lihat dari bawah. Karna puncaknya di penuhi dengan batu dan masih ada beberapa tanaman yang tumbuh di sisi lain menjadikan tempat ini agak sedikit tertutup backgroundnya. Namun beberapa bebatuan dan tanaman ini dapat di manfaatkan sebagai tempat bernaung dari terik matahari.

Info Perjalanan :
Barabai ke Haruyan :
  • Start dari Tugu Simpang Tiga Burung Anggang di Kelurahan Bukat.
  • Terus lurus menuju arah Kota Banjarmasin.
  • Melewati desa Bawan – Pajukungan – Durian Gantang – Sungai Rangas – Pantai Hambawang Timur – Pantai Hambawang Barat.
  • Melewati Terminal Pantai Hambawang.
  • Di sekitar terminal ada pertigaan, pilih arah lurus (jika ke kanan menuju Kota Amuntai).
  • Melewati desa Tabudarat Hulu.
Memasuki Kecamatan Haruyan :
  • Melewati desa Kapuh dan desa Barikin.
  • Di desa Barikin akan menemukan perempatan yg di atasnya ada penunjuk arah ke Loklaga, pilih arah ke kiri. (Jika lurus menuju Kota Kandangan, jika ke kanan menuju ke Kecamatan Labuan Amas Selatan).
  • Melewati desa Andang dan desa Haruyan.
  • Di sekitar desa Haruyan ada perempatan, tetap pilih arah lurus menuju Loklaga (Jika ke kiri menuju desa Haruyan Seberang , jika ke kanan menuju Kecamatan Telaga Langsat ).
  • Melewati desa Lokbuntar.
  • Di sekitar desa Lokbuntar ada pertigaan, pilih arah sebelah kanan (jika ke kiri menuju desa Haruyan Seberang).
  • Melewati desa Pengambau Hulu.
  • Melewati Bendungan Muui dan Jembatan Besi.
  • Memasuki desa Sungai Harang.
  • Melewati Wisata Loklaga Ria.
  • Jika ada pertigaan pilih arah ke kiri (jika ke kanan menuju Loksado).
  • Memasuki desa Batu Panggung.
  • Terus lurus hingga menemukan pemukiman penduduk.
  • Jika ada pertigaan tetap pilih arah lurus (jika ke kiri menuju Wisata Pagat Batu Benawa).
Menuju lokasi :
  • Nanti akan menemukan gang kecil menuju SMPN 2 Haruyan.
  • Masuk kesitu.
  • Parkir motor di sekitar SMPN 2 Haruyan.
  • Dari sini Bukit Ambiliknya sudah kelihatan, tepat berada di belakang sekolah.
  • Di lanjutkan dengan berjalan kaki beberapa meter hingga jalannya menanjak ke atas.
  • Untuk sampai ke puncak di perlukan waktu sekitar ± 30 menit (tergantung kecepatan).

My Diary / My Story :

Pada hari ini kita pergi dengan jumlah 5 orang : Aku, Saidi, Jumadi, Iki, dan Rifki. Menyambung kisah sebelumnya, setelah dari Bendungan Muui kita lanjutkan perjalanan menuju Bukit Ambilik. Kita lewati jalan yg berliku-liku dan turun naik walaupun tak se ekstrem ke Loksado :D. Tak berapa lama tibalah di desa Batu Panggung, menurut informasi yg aku dapatkan, bukitnya berada di belakang SMPN 2 Haruyan, walaupun hampir kelewatan sekolahannya :D. Karna di sini banyak orang, ada anak2 dan orang tua, di pinggir jalan menuju SMPN 2 Haruyan juga ada warung, jadi kita bisa dengan mudah untuk mendapatkan informasi :D. Sebelumnya anak-anak di sini mau nunjukin jalan ke Bukit Ambilik sekalian sebagai guide :D. Tapi karna waktu adzan zuhur sudah tiba kita tunda dulu nanjaknya, nyari mushola/langgar dulu di sekitar sini. Setelah itu waktu mau keluar langgar aku malah ke injak tawon, waduhh... nyeri dahh nih kaki, untung masih bisa jalan (lebay) haha.. :D. Kaga lupa pamit sama imam di langgar baru lanjutkan perjalanan :D.

Setelah mau memasuki jalan ke sekolah, Saidi malah kelaparan, ngajakin kita dulu dahh dia buat rendam mie di warung, kaga ape2 juga lah, karna perut kita juga sedang susah di ajak negosiasi hahaa.. :D. Sekalian juga lah buat beli persediaan pangan untuk di puncak :D. Next.. setelah perut kenyang, kita lanjutkan perjalanan ke Bukit Ambilik. Karna di sini bukan wisata umum jadi kaga ada yg jaga parkir, kita parkir aja dahh motornya di tempat parkir sekolah :D. Anak2 yg menjadi guide tadi mulai bertindak, kita ikutin perjalanan mereka :D. Setelah sampai di tengah bukit menuju puncak ada banyak bebatuan dan kebun di sekitar sini, ada juga warga yg sedang berkebun. Akhirnya kita bisa istirahat sejenak di bebatuan dan menyapa warga sekitar :D. Aku, Saidi, dan Jumadi agak kelelahan, hanya beberapa langkah duduk lagi di bebatuan :D. Sedangkan Iki dan Rifki di perkirakan udah nyampai ke puncak :D. Next.. semakin ke atas jalannya hanya tinggal tanjakan berbatu, Saidi ngasih uang dahh sama anak2 tadi sebagai tanda terima kasih karna udah jadi guide :D . Kemudian kita lanjutkan dengan perjalanan yg menanjak dan tibalah di atas puncak Bukit Ambilik :D.

Wow..!! Pemandangan yg bagus saat berada di atas puncak, apalagi sekarang cuaca sedang mendukung walaupun agak sedikit berkabut :D . Setelah sampai di atas kita santai2 sejenak dulu sambil menikmati pemandangan, baru kita mulai acara potret2 nya :D. Di sini Rifki menemukan sebuah bendera yg tersangakut di bebatuan pada tebing bagian bawah, awalnya dia mengira itu sebuah kacu, ternyata bentuknya lebar :D. Lumayan bendera ini akan menjadi teman baru kita untuk trip selanjutnya :D. Di sini kita masih sempat juga nulis nama teman2 yg kaga ikut hari ini buat di abadikan menjadi foto di sebuah kertas :D. Waktu lagi asik2 nya potret2 kita malah di serang tawon, padahal tawonnya cuma satu, tapi membahayakan :O. Siapa yg kaga kena sengat kalau berada di sini, masing2 udah siapkan pelindung, tapi tetap aja kalau kita lagi lengah tawonnya nyerang lagi :(. Entahlah mereka di sengat pada bagian yg mana, kalau aku kena pada bagian hidung, jontol dahh nih hidung tambah mancung, malah ada keliatan lubang bekas sengatannya :(.

Setelah kita puas berada di puncak, kita akhirnya turun. Pas mau turun kita di hadang lagi dahh sama tuh tawon, tapi untung kali ini dia kaga nyengat :D. Setelah turun kita masih bisa bersapaan sama warga yg berkebun di bukit sambil becandaan tema tentang tawon :D. Aku dan Saidi agak berlama2 turunnya di sini. Sedangkan yg lain udah nyampai di bawah dan bersantai2 di ruang kelas yg terbuka. Setelah kita sampai di bawah sebenarnya Iki mau cekrek2 sebentar di SMPN 2 Haruyan, tapi karna banyak yg kaga mood kaga jadi dahh :D. Next.. kita lanjutkan perjalanan ke Riam Badangsar.