Kamis, 02 Maret 2017

BENDUNGAN MUUI



Bendungan Muui terletak di Kampung Muui, desa Pengambau Hulu, Kec. Haruyan, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Bendungan Muui telah di bangun sejak jaman Belanda dan masih tetap berdiri kokoh hingga sampai saat ini.  Bendungan ini sangat berfungsi bagi warga untuk mengairi sawah karna airnya yg deras mampu mengairi sekitar 1.230 hektar persawahan di delapan desa. Selain itu juga  berfungsi sebagai penghasil air bersih bagi PDAM melalui pipa2 penyedot. Di tahun 2011 bendungan ini pernah mengalami masa surut karna penyumbatan limbah dan hampir tidak aktif lagi. Namun karena banyaknya pihak yang berkonservasi, bendungan ini kembali aktif di tahun yg sama. Sekarang bendungan Muui telah di renovasi menjadi terkesan lebih menarik, di sekitarnya telah di bangun sebuah jembatan gantung dan taman hijau.  Sangat cocok bagi anda penggemar fotografi & hunting untuk memilih tempat ini.



Info Perjalanan :
Barabai ke Haruyan :
  • Start dari Tugu Simpang Tiga Burung Anggang di Kelurahan Bukat.
  • Terus lurus menuju arah Kota Banjarmasin.
  • Melewati desa Bawan – Pajukungan – Durian Gantang – Sungai Rangas – Pantai Hambawang Timur – Pantai Hambawang Barat.
  • Melewati Terminal Pantai Hambawang.
  • Di sekitar terminal ada pertigaan, pilih arah lurus (jika ke kanan menuju Kota Amuntai).
  • Melewati desa Tabudarat Hulu. 
Memasuki Kecamatan Haruyan :
  • Melewati desa Kapuh dan desa Barikin.
  • Di desa Barikin akan menemukan perempatan yg di atasnya ada penunjuk arah ke Loklaga, pilih arah ke kiri. (Jika lurus menuju Kota Kandangan, jika ke kanan menuju ke Kecamatan Labuan Amas Selatan).
  • Melewati desa Andang dan desa Haruyan.
  • Di sekitar desa Haruyan ada perempatan, tetap pilih arah lurus menuju Loklaga (Jika ke kiri menuju desa Haruyan Seberang , jika ke kanan menuju Kecamatan Telaga Langsat ).
  • Melewati desa Lokbuntar.
  • Di sekitar desa Lokbuntar ada pertigaan, pilih arah sebelah kanan (jika ke kiri menuju desa Haruyan Seberang).
  • Memasuki desa Pengambau Hulu.
Menuju lokasi :
  • Nanti di sebelah kiri jalan akan ada sebuah bendungan besar sebelum jembatan besi.
  • Tibalah di Bendungan Muui.



My Diary / My Story :

Waktu ini kita pergi dengan jumlah 5 orang : Aku, Iki, Jumadi, Rifki, dan Saidi. Hari ini sebenarnya kita punya 3 tujuan, yaitu : Bendungan Muui, Bukit Ambilik, dan Riam Badangsar, ketiga tempat itu berada di kecamatan Haruyan. Saat kesini kita pergi secara terpisah, Iki nyariin Rifki dulu ke Kota Kandangan, mereka kemudian berangkat duluan ke Haruyan dan nungguin kita cukup lama di Bendungan Muui :D. Sedangkan aku sama Saidi sedang ribet sama Kakanya Saidi (Mika) mau pinjem motornya buat jalan2 :D, memang kalau yg satu ini kaga bisa kalau tanpa negosiasi :D. Sementara Jumadi ke rumah aku setelah aku dan Saidi selesaikan urusan sama Mika :D. Next.., beberapa saat siap2 dulu, kemudian Aku, Saidi, dan Jumadi berangkat nyusul Iki dan Rifki menuju Bendungan Muui. Tak lupa di sekitar desa Barikin kita beli pertalite dulu di POM pake botol aqua :D, buat jaga2 kalau nanti kehabisan bahan bakar saat di perjalanan, soalnya motor Mika minumnya boros, haha.. :D. Next.. sebenarnya awalnya kita ke sini pesertanya ada 6 orang, sudah di atur lewat chat bbm, yg satunya itu temennya Iki. Kita kira Iki sudah ngatur keberangkatan temennya buat nyusul, ternyata malah kita yg berperan buat ngatur keberangkatan temennya :D . Karna kita udah terlanjur berangkat ketinggalan dahh 1 orang :( .

Perjalanan tidak terlalu jauh karna kita sudah biasa lewatin rute ke sini. Setelah sampai di sini kita lihat2 suasana dulu dan bernaung di bawah Jembatan Muui karna pada hari itu cuaca sedang panas, udah ketahuan dari orang yg sedang jemur padi di sekitar Bendungan Muui :D. Next.. setelah cuaca panasnya berkurang kita mulai berburu foto :D. Karna kaga ada yg bawa kamera, HP aku dahh yg jadi sasaran :D. Di sini kita ketemu sama 2 orang anak kecil yg lagi main di bendungan, lumayan jadi tau dalamnya air sekitar bendungan :D. Cukup lama berada di sini dari view bendungan, halaman hijau, dan jembatan kita foto2 bareng di sini sambil santai2, agak alay juga kalau di liat, haha.. :D. Ternyata kalau di perhatikan tempat ini terkenal juga, karna banyaknya orang2 yg singgah dan melakukan foto hunting di sekitar sini :D. Karna udah puas berada di sini, kita lanjutkan perjalanan menuju Bukit Ambilik, tentunya setelah orang2 yg pada eksis2 tadi pergi, kaga enak kalo di gangguin :D.


Foto-foto kami saat di Bendungan Muui :




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar