Selasa, 31 Mei 2016

TAMAN MAKAM PAHLAWAN PUSARA BAKTI BANUA

Taman Makam Pahlawan Pusara Bakti Banua merupakan sebuah Wisata Sejarah yg terletak di desa Batu Bini, Kec. Padang Batung, Kandangan, Kab. Hulu Sungai Selatan.

TMP Pusara Bakti Banua ini tempatnya sangat luas dan panoramanya sangat bagus dengan desain bangunan2 tugu yg unik di sekitarnya. Sedangkan tugu utama dan makam-makam pahlawan berada di tengahnya. Pada tempat ini juga terdapat tugu dengan nama-nama pahlawan yg telah di makamkan di sini. Tempat ini biasanya di ziarahi dan di adakan acara tabur bunga pada hari-hari khusus seperti Hari Pahlawan oleh para Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Selain itu di bagian sebelah kanan terdapat sebuah taman di atas tebing yg biasa di gunakan untuk bersantai, sudah di sediakan tangga untuk menuju taman tersebut. Tempat ini berhadapan dengan makam para pahlawan, disini kita dapat menikmati udara yg sejuk dan merasakan ketenangan. Kita juga dapat merenungi perjuangan para pahlawan yg telah gugur mendahului kita. Adapun dalam versi lain, tempat ini juga di sebut sebagai Taman Makam Pahlawan Mawangi.

Info Perjalanan :
Barabai ke Kandangan :

• Start dari perbatasan Kota Barabai-Kandangan (Kabupaten HST-HSS).
  • Terus lurus menuju arah Kota Kandangan.
  • Melewati desa Bamban Utara – BambanBamban Selatan – Angkinang – Angkinang Selatan – Pakumpayan Bakarung – Gambah Luar.
  • Nanti ada pertigaan seperti huruf “Y” pilih arah ke kiri.
  • Terus lurus melewati Waterboom Kandangan dan Terminal Bus Kandangan.
  • Ketemu lagi pertigaan di tengahnya ada Bundaran Ketupat, pilih arah sebelah kiri menuju Loksado (jika ke kanan menuju Kota Kandangan).
Kandangan ke Batu Bini :
  • Start Tugu Bundaran Ketupat.
  • Jika dari arah Kota Barabai pilih kiri, jika arah dari Kota Rantau pilih kanan.
  • Ada perempatan lagi pilih arah sebelah kiri menuju Loksado (jika lurus menuju jalan alternatif ke Kota Rantau, jika ke kanan menuju Kota Kandangan).
  • Terus lurus melewati desa Karang Jawa Muka – Karang Jawa – Kaliring – Jembatan Merah – Padang Batung.
  • Tibalah di desa Batu Bini.
  • Melewati Gunung Batu Bini.
  • Ada pertigaan seperti huruf “Y”, pilih arah ke kanan (kalau sebelah kiri menuju Desa Madang/Tayub).
Menuju lokasi :
  • Terus lurus hingga menemukan tanjakan yg cukup tinggi di jalan raya.
  • Setelah turunan sudah terlihat tempatnya “Taman Makam Pahlawan Pusara Bakti Banua”
  • Letaknya berada pada tikungan di sebelah kanan jalan.
  • Tibalah di Taman Makam Pahlawan Pusara Bakti Banua

My Diary / My Story :

Kali ini kita melakukan perjalannan cuma bertiga : Aku. Rifki. dan Yadi. Sebenarnya waktu ini kita sedang nyari tempat buat eksis aja karna ga ada kerjaan :D. Nahhh… tiba2 Rifki kasih tau katanya ada tempat yg bagus di daerah Kandangan lebih tepatnya di Desa Batu Bini. Kita cuzz aja dahh ke Kandangan :D. Setelah sampai di Kandangan, tungguin Rifki dulu sebentar. Kali ini Rifki pakai motor sendiri, sedangkan aku ikut sama Yadi. Waktu pertama kali kesini perasaan jalannya emang lumayan jauh, padahal sebenarnya dekat karna udah terbiasa lewatin tempat ini menuju Loksado :D.

Sebelum di jalan kita ke Desa Tawiya dulu jalan-jalan sebentar sambil cari rumah pacarnya Rifki. Waduuhhh… disini Rifki sepanjang jalan di liatin dan membuat orang2 tersenyum terus, soalnya di kampung2 pakai kacamata :D. Temuin pacarnya juga pakai kacamata, waduhh… nee orang kayanya ke pedean, orang yg duduk di serambi rumah aja senyum2 kalau ngeliat Rifki :D. Udah dia ketemuan langsung kita cuzz ke TMP Pusara Bakti Banua.  Nahh… di pinggir jalan dekat tempat ini ada banyak orang yg lagi main bola. Tuu orang juga ngetawain. Aduhhh... nee Rifki kaga nyadar2 dari tadi hahaha.. :D. Kalau buat eksis2 mahh ga apa2 :D

Udah sampai disini ternyata tamannya  sangat luas, bisa buat eksis dimana2. Kita nyoba dulu eksis dari atas tebing taman, naik tangga dulu baru nyari tempat yg bagus buat berpose :D. Dari tebing ini ternyata juga ada orang yg lagi nongkrong2 menikmati pemandangan. Setelah kita udah puas di tebing, kita turun dahh ke bawah mendekati makam para pahlawan. Eksis2 lagi disini sampai kameranya udah mulai error baru berhenti eksis :D. Wahh.. ternyata kita ga nyadar  kalau sekarang waktu udah jam 5 sore.  Baru nyadar setelah kameranya error.. hahaha :D. Terpaksa dahh pulangnya kemaleman :D.