Jumat, 04 November 2016

GOA SINGA / GOA LUKIS



Goa Singa / Goa Lukis adalah sebuah goa yang terletak di desa Batu Bini, Kec. Padang Batung, Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Goa Singa / Goa Lukis adalah salah satu goa yang terletak di gunung Batu Bini, gunung ini terletak di belakang SDN Batu Bini.  Waktu yang di butuhkan dari SDN Batu Bini menuju goa ini tidaklah lama, hanya sekitar ± 10 menit, karna jaraknya memang dekat. Goa ini tempatnya lumayan luas dan bercabang, jika ke kiri akan menemukan lorong-lorong yang sempit, jika ke kanan akan menuju lorong yang agak luas. Di dalamnya terdapat lukisan-lukisan para pejuang tempo dulu dan ada beberapa lukisan yang bentuknya aneh. Selain itu juga terdapat patung-patung yang menyerupai bentuk singa, kera, dan manusia. Tidak ada yang tau kapan lukisan dan patung ini di buat, dan siapa yang membuatnya. Menurut masyarakat setempat patung dan lukisan tersebut sudah ada sejak beberapa abad yang lalu. Tapi karna lukisan dan patung inilah yang membuat goa ini terlihat berbeda di bandingkan goa-goa di tempat lain.



Beberapa foto di dalam ruangan goa :

 

 

Info Perjalanan :
Barabai ke Kandangan :
  • Start dari perbatasan Kota Barabai-Kandangan (Kabupaten HST-HSS).
  • Terus lurus menuju arah Kota Kandangan.
  • Melewati desa Bamban Utara – Bamban – Bamban Selatan – Angkinang – Angkinang Selatan – Pakumpayan – Bakarung – Gambah Luar.
  • Nanti ada pertigaan seperti huruf “Y” pilih arah ke kiri.
  • Terus lurus melewati Waterboom Kandangan dan Terminal Bus Kandangan.
  • Ketemu lagi pertigaan di tengahnya ada Bundaran Ketupat, pilih arah sebelah kiri menuju Loksado (jika ke kanan menuju Kota Kandangan).
Kandangan ke Batu Bini :
  • Start Tugu Bundaran Ketupat.
  • Jika dari arah Kota Barabai pilih kiri, jika dari arah Kota Rantau pilih kanan.
  • Ada perempatan lagi pilih arah sebelah kiri menuju Loksado (jika lurus menuju jalan alternatif ke Kota Rantau, jika ke kanan menuju Kota Kandangan).
  • Terus lurus melewati desa Karang Jawa Muka – Karang Jawa – Kaliring – Jembatan Merah – Padang Batung.
  • Tibalah di desa Batu Bini.
  • Sebelum SDN Batu Bini ada penunjuk arah ke Goa Singa di sebelah kanan jalan, belok ke sana.
Menuju lokasi :
  • Parkir kendaraan di sekitar rumah warga atau di tempat parkir SDN Batu Bini.
  • Di lanjutkan berjalan kaki sekitar 100 meter atau sekitar ± 10 menit.
  • Tibalah di Goa Singa / Goa Lukis.

My Diary / My Story :

Kali ini kita berangkat dengan jumlah 6 orang : Aku, Yadi, Udin, Khaidir, Iki, dan Jumadi. Sebelumnya aku udah pernah ada rencana ingin kesini tahun 2015 yang lalu, tapi kaga pernah tercapai, soalnya kaga tau jalannya :D . Setelah mencari beberapa informasi akhirnya ada juga sedikit pencerahan :D . Apalagi selain aku juga ada yang tau jalannya yaitu Iki (Senior Kita :D) . Awalnya kita mengatur rencana lewat BBM grup. Sebelumnya aku juga ngajakin Wahyu (temen trip waktu tahun 2015 lalu) , soalnya dia dulu pernah bilang kalau mau ke Goa Singa ajakin dia, tapi ketika udah mau berangkat di hubungin ga ngerespon kaga jadi dahh dia ikut :( . Next.. Kita berangkat menuju desa Batu Bini dengan Aku ikut Udin, Khaidir ikut Yadi, Iki dan Jumadi bawa motornya sendiri-sendiri.

Memang jarak desa Batu Bini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Kandangan menurut aku. Apalagi kita bisa mengambil jalur yang lebih pendek jika dari Kota Barabai. Di perjalanan plat motor Iki sempat hampir jatuh karna bautnya hilang, untung ada yang ngeliat dari belakang :D, terpaksa harus pakai baut cadangan, baut yang bentuknya mirip tali (walaupun sebenarnya itu memang tali) :D. OK dahh! kita berhenti sejenak untuk ganti bautnya :D. Waktu berhenti sejenak ada teman kita yang bagi-bagi minuman yang namanya Liang Cha, lumayan buat  jaga-jaga kalau kehausan :D. Katanya tuh produk tanggal masa aktifnya hampir habis, jadinya di bagi-bagi dahh :D.

Next… setelah tiba di Desa Batu Bini aku masih ingat kalau menurut informasi goanya terletak di sekitar SDN Batu Bini dan sekarang sudah di pasangi plang petunjuknya. Pas sampai di sana ternyata kelewatan plangnya karna Udin terlalu ngebut :D, akhirnya harus putar balik. Setelah jalan ternyata kelewatan lagi, terpaksa harus putar balik lagi :D. Setelah jalan lagi untung ga putar balik lagi :D.  Mungkin Udin kaga ngeliat ada petunjuknya (mungkin lagi ada masalah dalam dunia percintaan :D) . Setelah udah dekat plang menuju ke Goa Singa kita maunya bawa motor lewatin jalan setapak, tapi sebelumnya tanya-tanya dulu sama warga sekitar yang rumahnya dekat dengan wisata ini. Katanya motor kaga bisa di bawa kesana soalnya kaga ada tempat parkir, masuknya juga kaga jauh kalau dari sini cuma 100 meter atau sekitar 10 menit. Oke dahh! Kita parkir aja motor di halaman rumah warga yang kita tanyain tadi. Next.. Kita lanjutkan berjalan kaki menuju ke Goa Singa/Goa Lukis. Tempatnya memang berada di atas gunung, tapi kaga ekstem2 banget nanjaknya soalnya jaraknya dekat dan kemiringannya tidak terlalu tajam.

Next.. Setelah sampai di mulut goa ternyata di dalamnya luas dan bercabang. Sama seperti foto yang ada di internet, di dalamnya banyak coretan-cotetan gambar yang unik dan misterius. Selain itu juga terdapat patung-patung batu yang menyerupai bentuk-bentuk hewan seperti singa, kera, dan bentuk-bentuk lain. Setelah berada di dalam Goa kita mulailah acara eksis2 nya :D. Sedikit selfie2 untuk yang lain dan aku yang paling banyak.. haha.. :D. Nahh... disini Yadi nunjukin alat terbarunya lagi yaitu Lensa Fish Eye :D, gunanya untuk membuat foto terlihat lebih cembung dan luas. Aku suka dengan viewnya tapi di sisinya ada background hitam yang sedikit mengganggu, tapi itu kaga masalah, yang penting bisa eksis bareng :D. Pas waktu aku selfie sendirian, yang lain pada eksis agak kedalam, tiba-tiba ada 2 orang yang sedang pacaran mencoba masuk ke Goa, pas sampai di mulut goa mereka ngeliat aku, aku kasih senyuman sedikit malah balik arah mereka, kaga jadi masuk (mencurigakan) :D.

Setelah itu kita coba penelusuran ke lorong-lorong yang di sebelah kiri, kalau yang ada di kanan tempat patung-patung tadi berada. Di bagian kiri sini lorong-lorongnya sempit dan gelap, untuk menelusurinya harus merunduk, sempat beberapa kali eksis di sini, setelah semua udah kebagian jepretan, keluarlah kita sambil nakut-nakutin temen yang masih ada di dalam.. haha.. :D. Setelah menuju ke mulut goa, mulai banyak orang-orang yang berdatangan, terutama cewek-cewek yang agak lebih muda dari kita-kita :D, itu mahh bagiannya Udin yang mahir dalam urusan rayu-rayuan :D. Sempat eksis beberapa jepretan di mulut goa baru turun menuju tempat parkir. Sebelum menuju tempat parkir kita eksis lagi di kebun karet di bawah kaki gunung batu bini, soalnya viewnya disini bagus :D. Next... sampailah kita di halaman rumah warga tempat kita parkir motor tadi. Walaupun ini bukan tempat parkir kaga enak juga kalau kaga bayar. Akhirnya kita sepakat dengan bayar seharga 5ribu per motor. Mau bayar parkir ternyata masih main tonjol-tonjolan, akhirnya Udin lah yang bertindak :D. Next.. setelah urusan distribusi parkir selasai, kita lanjutkan perjalanan menuju ke Benteng Madang.



Foto-foto kami saat di Goa Singa / Goa Lukis :






















Foto - foto perjalanan turun dari Goa Singa / Goa Lukis :










Tidak ada komentar:

Posting Komentar