Selasa, 01 November 2016

BENDUNGAN BATANG ALAI / BENDUNGAN SAKUTANG INDAH



Bendungan Batang Alai / Bendungan Sakutang indah adalah sebuah bendungan besar yang terletak di desa Labuhan, Kec. Batang Alai Selatan, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai tengah.

Bendungan ini di beri nama oleh warga sekitar dengan nama Bendungan Sakutang Indah, hanya saja orang luar sering menyebutnya dengan nama Bendungan Batang Alai atau Bendungan Labuhan. Bendungan ini di buat untuk membendung Sungai Batang Alai yang airnya mengalir deras. Area di tempat ini sangatlah luas dan masih di kelilingi oleh pemandangan yang bernuansa alami. Airnya yang jernih mampu mengundang pengunjung untuk menceburkan diri ke dalamnya sambil berenang. Di tempat ini biasanya sering di gunakan oleh para remaja untuk sekedar nongkrong-nongkrong. Namun ada juga yang melakukan pengambilan spot foto karna view di sekitar sini sangatlah menarik dan letaknya juga tidak jauh dari jalanan beraspal. Pemandangan yang tak kalah serunya di sini adalah ketika melihat anak-anak warga sekitar menceburkan diri dari ketinggian bendungan menuju aliran sungai yang deras, bagiku ini adalah hal yang sangat menarik.



Info Perjalanan :
Barabai ke Birayang :
  • Start dari Simpang Tiga Mandingin.
  • Terus lurus ke arah Kota Paringin / Kota Tanjung.
  • Melewati desa Kubur Jawa dan desa Kapar.
  • Setelah sampai di pertigaan desa Kapar, pilih arah lurus menuju desa Birayang (jika ke kiri menuju Kota Paringin / Kota Tanjung).
  • Melewati desa Banua Rantau dan desa Lok Besar.
  • Memasuki desa Birayang.
  • Terus lurus hingga menemukan pertigaan yg di tengahnya ada Tugu, pilih arah ke kiri (jika ke kanan menuju ke Kecamatan Batu benawa)
Birayang ke Labuhan :
  • Setelah sampai di perempatan Pasar Birayang, pilih arah ke kanan menuju Kecamatan Batang Alai Timur (Jika ke kiri menuju Pasar Birayang, jika lurus menuju Kecamatan Limpasu).
  • Melewati desa Birayang Timur – Wawai –Wawai Gardu.
  • Tiba di desa Labuhan.
Menuju lokasi :
  • Di sebelah kiri jalan akan ada keliatan Bendungan Besar.
  • Terus sedikit di sebelah kiri ada jalan yg tidak beraspal yg menurun, belok kesitu.
  • Tibalah di Bendungan Batang Alai / Bendungan Sakutang Indah.

 



My Diary / My Story :

Setelah turun dari Bukit Titi, kita pergi menuju Bendungan Batang Alai masih bersama team Babe. Masih bersama Aku, Yadi, Jumadi, Iki, Udin, Khaidir, & Halafi (Zhaba Adventure) beserta 1 orang temannya Jumadi :D. Beberapa orang dari team Babe ada yang memilih ga ikut ada juga yang memilih ikut ke Bendungan Batang Alai. Next.. Kita pergi lewat jalan yang lebih cepat dari desa Hawang, melewati jembatan Labuhan, setelah tiba di pertigaan pilih arah ke kiri menuju bendungan. Tak berapa lama tibalah kita di Bendungan Batang Alai. Sebagian orang ada yang menyebut nama Bendungan ini adalah Bendungan Sakutang Indah, ada juga yang menyebutnya Bendungan Labuhan. Setelah tiba kita melihat-lihat pemandangan dan situasi di sini dulu, sebenarnya ini adalah yang ke dua kalinya aku ke sini.  Selanjutnya kita mulailah acara jepret-jepretannya :D. Setelah itu Udin dan Halafi mulai terjun dari dinding sekitar pinggiran bendungan. Yang lain ga ada yang berani, karna sebagian dari kami ada yang tidak lihai berenang ada juga yang tidak bisa berenang :D.

Selanjutnya Udin dan Halafi menuju aliran air yang lebih dangkal namun arusnya tetap sangat deras. Aku dan yang lainnya menyusul mereka lewat atas dan menuruni dinding-dinding yang agak condong. Kemudian aku, Yadi, Khaidir, Jumadi dan temannya Jumadi ikut-ikutan nyebur dari sini, hanya Iki aja yang tidak ingin basah-basahan :D. Aku, Yadi, dan Khaidir memilih jalur yang lebih aman untuk turun :D , sementara yang lain memilih jalan pintas. Disini kita menikmati aliran air yang sangat sejuk dan sangat deras, walaupun tidak bisa terlalu banyak melakukan pergerakan, takutnya entar terbawa arus :D. Disini Fajri (salah satu anggota team Babe) menemukan Ikan Buntal yang sudah mati di atas tebing. Untung sudah mati, agak bingung juga kenapa bisa ada Ikan Buntal di arus yang sangat deras, biasanya hanya ada di air yang tenang ?

Setelah puas main di air kita naik lagi ke atas bagian pinggiran bendungan. Memang agak susah naiknya karna harus memanjat dinding-dinding condong yang agak tinggi, kali ini aku tidak memilih jalur yang aman karna ingin cepat-cepat naik ke atas, terpaksa harus memegang tangan teman yang sudah sampai duluan di atas agar lebih mudah naiknya.  Sebenarnya kalau lewat jalur yang aman di sini sudah ada tangga yang di sediakan, tapi jaraknya agak jauh, terpaksa harus memilih jalan pintas biar lebih cepat :D .  Setelah naik kita ngeliatin anak-anak yang lagi  terjun-terjunan dari atas bendungan, tapi sepertinya Udin tertarik dan ingin mencoba terjun dari ketinggian sekitar ± 25 meter :D . Selain itu dia ingin momen ini di rekam :D . OK dah! biar Khaidir yang rekam, soalnya Khaidir fotografer kita :D. Iki dan Jumadi juga ketemu teman lama mereka di sini, mereka memanggilnya Boss :D . Entah bagaimana masa lalu di antara mereka :D.

Next.. kita kebagian lamang lagi nih dari team Babe. Salah satu orang dari team Babe ada yang nawarin lamang sama anak-anak yang terjun-terjunan di bendungan tadi. Tapi mereka kaga mau, di kirain malu-malu, ternyata setelah di tawarin lebih dekat katanya udah biasa makan lamang di rumah :D. Sambil makan lamang kita sambil kirim-kiriman foto. Ada sedikit masalah kirim-kiriman foto sama salah satu teman dari Jumadi, mungkin karena masalah HP atau APL nya, mungkin juga karna ada masalah waktu :D. Tapi sepertinya memang ada masalah di antara mereka.. haha.. :D. Setelah hari sekitar jam 5 sore pulanglah kita bersama-sama menuju Kota Barabai.



Foto - foto kami saat di Bendungan Batang Alai / Bendungan Sakutang Indah :






















4 komentar:

  1. mantaf artikelnya bro..
    .. bro boleh saya copy beberapa artikelnya!! mau saya masukan dalam blog saya http://sangkaicity.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus