Senin, 11 April 2016

BUKIT LANGARA

Bukit Langara adalah sebuah bukit atau gunung yang terletak di desa Lumpangi, Kec. Loksado, Kandangan, Kab. Hulu Sungai Selatan.
Bukit Langara merupakan bukit berbatu yang di kelilingi pemandangan yang bagus.  Bebatuan inilah yg menjadi salah satu daya tarik wisata. Selain itu kalian juga dapat melihat panorama sungai Amandit dan Gunung Kentawan dari puncak Bukit. Semua terlihat menakjubkan saat kalian mengabadikan pemandangan yang sangat menarik ini. Jalan menuju kesini sekarang sudah di sediakan akses berupa tangga untuk memudahkan pendakian. Di bawah sebelum pendakian juga sudah di sediakan fasilitas berupa WC umum. Dan untuk menambah daya tarik wisata sebelum jalur pendakian sudah ada sungai yang airnya jernih dan  lumayan dangkal untuk mandi ataupun bersih-bersih setelah turun dari puncak bukit.

Foto Sungai Amandit dan Gunung Kentawan :

Info Perjalanan :
Barabai ke Kandangan :

• Start dari perbatasan Kota Barabai-Kandangan (Kabupaten HST-HSS).
  • Terus lurus menuju arah Kota Kandangan.
  • Melewati desa Bamban Utara – BambanBamban Selatan – Angkinang – Angkinang Selatan –  Pakumpayan Bakarung – Gambah Luar.
  • Nanti ada pertigaan seperti huruf “Y” pilih arah ke kiri.
  • Terus lurus melewati Waterboom Kandangan dan Terminal Bus Kandangan.
  • Ketemu lagi pertigaan di tengahnya ada Bundaran Ketupat, pilih arah sebelah kiri menuju Loksado (jika ke kanan menuju Kota Kandangan).
Kandangan ke Loksado :
  • Start Tugu Budaran Ketupat.
  • Jika dari arah Kota Barabai pilih ke kiri, jika arah dari Kota Rantau pilih ke kanan.
  • Ada perempatan lagi pilih arah sebelah kiri menuju Loksado (jika lurus menuju jalan alternatif ke Kota Rantau, jika ke kanan menuju Kota Kandangan).
  • Terus lurus melewati desa Karang Jawa Muka – Karang Jawa – Kaliring – Jembatan Merah – Padang Batung – Batu Bini.
  • Melewati Gunung Batu Bini.
  • Ada pertigaan seperti huruf “Y”, pilih arah ke kanan (kalau sebelah kiri menuju Desa Madang/Tayub).
  • Melewati  TMP Pusara Bakti Banua.
  • Melewati desa Mawangi.
Memasuki Kecamatan Loksado :
  • Melewati desa Halunuk dan desa Panggungan.
  • Terus lurus melewati tanjakan yg sangat tinggi, jalannya menikung ke arah kiri lalu ke kanan (bagi yg belum pernah kesini pasti terkejut :D)
  • Memasuki desa Lumpangi.
  • Jika ada pertigaan di desa Lumpangi pilih arah sebelah kanan menuju Batulicin (kalau lurus menuju arah Loksado).
  • Dari pertigaan ini sudah dapat di lihat Objek Wisatanya.
Menuju lokasi :
  • Setelah menuruni jalan dan melewati jembatan besi sampailah di Objek Wisata Bukit Langara.
  • Bayar parkir seharga Rp.5.000,- per kendaraan.
  • Untuk menuju puncak Bukit Langara bayar seharga Rp.5.000,- per orang.
  • Perjalanan ke atas puncak dapat di tempuh sekitar 30 menit.

My Diary / My Story

Kali ini kita melakukan perjalanan dengan jumlah 7 orang : Aku, Yadi, Khaidir, Udin, Ancah, Rifki, dan Saidi. Waktu berangkat kesini kita di ajakin sama Rifki, katanya ada objek wisata baru di Kandangan yaitu Bukit Langara, kita mulai trip lagi ke daerah Kandangan :D. Aku sama Rifki, Udin sama Ancah, Saidi sama Yadi, dan Khaidir sendiri. Kata Rifki wisata Langara dekat2 aja sebelum Loksado, ternyata masuk daerah Loksado juga. Sebelumnya aku udah tanya sama Rifki tentang jalan yg tanjakannya tinggi banget waktu  pertama kali kita ke Pemandian Air Panas Tanuhi dulu, soalnya motor aku bakalan mogok  kalau lewat jalan itu. Katanya kaga ngelewatin, eh.. ternyata malah ngelewatin juga, kejadian dah motor aku jadi mogok :( . Terpaksa berhenti dulu, tapi karna udah terlanjur kita istirahat sebentar baru lanjutin perjalanan lagi.  Setelah motorku didiemin beberapa menit bisa hidup lagi dahh mesinnya, oke dahh selamat :D.

Setelah sampai di Persimpangan kearah Batulicin udah ada petunjuknya ke arah Bukit Langara. Kayanya sihh kata Yadi ga asik tempatnya (orangnya rada2 cepat bosan sebelum di coba). Katanya mending kita Ke Pemandian Air Panas Tanuhi, oke dah lanjut aja. Setelah beberapa meter di perjalanan tiba2 aku rasain motorku mulai kaga enak di jalanin, kayanya ga bisa lanjutin ke Tanuhi.  Aku kasih tau aja dah mereka, terpaksa balik lagi ke Bukit Langara. Pas mau balik tiba2 ada kecelakaan kecil, saat mau putar balik Saidi sama Yadi jatuh dari motor. Untung ga kenapa2, jadi bisa di lanjutin. Next… sampai di Bukit Langara kita bingung mau parkir dimana , soalnya kayanya kaga ada tempat parkir di liat dari pintu masuk. Tapi setelah di liat2 tempat parkirnya ada sebelum jembatan yg jalannya menurun, parkir aja dahh kita di sini. Masuknya juga kaga bayar, cuma naik bukitnya aja bayar 5ribu.

Awalnya kita bingung mau ngapain di tempat nee, kita jajan2 aja dulu beli pentol :D. Setelah itu aku sebenarnya mau ke sungai dulu tapi keburu di ajakin naik bukit, ya udahlah, Ok dehh naik dulu baru ke sungai :D. Bayar dulu 5rbu kalau mau naik bukit, waktu naik lumayan jauh mendaki puncaknya karna belum terbiasa :D. Apalagi waktu nanjak kita ga sempat beli minuman di bawah sampai2 kita kehausan dan kelelahan di perjalanan, tapi belum ada orang yg jual minuman :( . Lanjutin lagi dengan banyaknya tangga yg menanjak sambil tanya ke orang2 yg lewat “Masih jauh kah puncaknya” kata tuu orang2 udah dekat, tapi tetap aja masih berasa jauh. Setelah sampai di tempat yg luas, banyak pohon2 nya pula, akhirnya ada juga yg jualan air :D. Tapi mahal, aqua yg tanggung aja 5rbu satu botol, daripada mati kehausan mending beli aja dahh. Huhhh… udah mulai lega, di kiraan ini puncaknya, ternyata masih belum sampai :D. Lanjutin lagi ke atas di jalan berbatu, tiba2 ada tempat yang agak redup dan pas buat eksis :D. Berhenti sejenak dulu sambil santai2 baru lanjutin lagi. Tapi Udin, Rifki, sama Khaidir udah duluan nyampai ke puncak, tinggal Aku, Yadi, Ancah, dan Saidi yg masih nyantai di tempat yg agak redup tadi, jadi kaga kepanasan :D.

Next… kita lanjutin lagi perjalan, tiba2 ga sengaja ada cewek yg ke peleset dan tangannya pegang baju Yadi :D. Ujar Yadi “Ae… Hati2” ketawa dahh teman2nya  tuu cewek, ikutan aja kita ketawa… xixixi :D. Tapi ga berlangsung lama soalnya Yadi rada2 cuek sama cewek kita lanjutin lagi. Setelah sampai di puncak barulah berfoto2 sepuasnya hingga waktu udah mulai sore, akhirnya kita turun. Ternyata turunnya lebih cepat daripada naiknya ga sempat 30 menit :D. Setelah turun langsung dahh kita nyerbu main ke sungai basah-basahan. Akhirnya tubuh yg tadi lelah bisa segar kembali :D. Udah puas main di sungai kita ganti baju dan jajan2 pentol lagi sebentar, baru kita pulang :D .