Minggu, 17 April 2016

GOA BATU SAWAR

Goa Batu Sawar adalah sebuah goa yang terletak di Kampung Salak, Desa Nateh, Kec. Batang Alai Timur, Barabai, Kab. Hulu Sungai Tengah.
Goa ini adalah goa yang berada di atas puncak gunung. Goa ini sangat luas dan besar layaknya sebuah gedung di sertai dengan bongkahan -  bongkahan batu yang besar. Lubang di mulut goa pun sangat luas sehingga dari luar isi goa semuanya dapat di lihat hampir keseluruhan. Selain itu pada bagian dalam goa di bagian atas terdapat dua lubang besar yang memberikan ruang untuk cahaya matahari agar dapat memasuki ruangan goa.  Oleh sebab itu goa yang pada dasarnya adalah ruangan gelap menjadi ruangan yang di sertai dengan cahaya menyinari bebatuan. Goa ini juga dapat di telusuri menuju mulut goa yang satunya yang behadapan dengan jurang. Namun dibagian sini goanya terlihat gelap dan banyak kelelawar tapi sangat luas.

Info Perjalanan :
Barabai ke Birayang :

• Start dari Simpang Tiga Mandingin.
  • Terus lurus ke arah Kota Paringin / Kota Tanjung.
  • Melewati desa Kubur Jawa dan desa Kapar.
  • Setelah sampai di pertigaan desa Kapar, pilih arah lurus menuju desa Birayang (jika ke kiri menuju Kota Paringin / Kota Tanjung).
  • Melewati desa Banua Rantau dan desa Lok Besar.
  • Memasuki desa Birayang.
Birayang ke Batu Tangga :
  • Terus lurus hingga menemukan pertigaan yg di tengahnya ada Tugu, pilih arah ke kiri (jika ke kanan menuju ke Kecamatan Batu Benawa)
  • Setelah sampai di perempatan Pasar Birayang, pilih arah ke kanan menuju ke Batu Tangga (jika lurus menuju Kecamatan Limpasu, jika ke kiri menuju Pasar Birayang).
  • Melewati desa Birayang Timur – Wawai –Wawai Gardu – Labuhan.
  • Melewati Bendungan Batang Alai / Bendungan Sakutang Indah.
  • Tibalah di desa Batu Tangga.
Batu Tangga ke Nateh :
  • Terus lurus hingga menemukan pertigaan yg di sekitarnya ada gunung batu, pilih arah ke kiri menuju desa Nateh (jika lurus menuju ke desa Tandilang).
  • Melewati beberapa kali jembatan.
  • Pemandangan di sini sangat bagus, banyak bebatuan2 gunung di pinggiran jalan.
  • Terus lurus hingga menemukan pertigaan seperti huruf “Y” yg di tengahnya ada penunjuk arah ke Goa Kukup kalau ke kiri, tapi pilih arah ke kanan menuju desa Salak.
Menuju lokasi :
  • Setelah sampai di kampung Salak ada jalan kecil  yg sudah ada penunjuk arahnya di sebelah kanan jalan menuju Gunung Batu Sawar, jalan kecil tersebut berseberangan dengan Kuburan Muslimin.
  • Belok ke sana, melewati jembatan, kemudian parkir.
  • Bayar parkir seharga Rp.5.000,- per kendaraan.
  • Di lanjutkan dengan berjalan kaki menuju Gunung Batu Sawar.
  • Setelah sampai di kaki gunung jalannya sudah mulai menanjak dan agak sulit.
  • Pada saat pendakian  medan tanjakannya sangat terjal sehingga setiap melangkah harus berpegangan pada sesuatu.
  • Selain itu tanjakannya di sertai bebatuan kecil yg tidak melekat, jika terlalu banyak pergerakan batu2 nya bisa berjatuhan (hati2 kalau ada orang yg sedang mendaki di bawah)
  • Setelah melewati tanjakan yg menggunakan tali sampailah di depan mulut Goa Batu Sawar.
  • Perlu perjuangan keras untuk mencapai tempat ini.
  • Pada saat pendakian di perlukan waktu sekitar 40 menit (tergantung tenaga dan kecepatan).

My Diary / My Story :

Waktu ke tempat ini kita ada 11 orang : Aku, Yadi, Khaidir, Udin, Ancah, Amat, dan Rabi (pacarnya Amat), sisanya ada 4 orang  temannya Khaidir dari desa2 di Kecamatan Batang Alai Timur. Awalnya kita kesini sebenarnya di kasih tau Wahyu katanya ada tempat wisata arah ke desa Batu Tangga, kaga tau juga wisata apaan. Coba kita telusuri aja tu jalan, Aku sama Yadi, Ancah sama udin, Rabi sama Amat, Khaidir sendiri. Setelah beberapa km kita lewatin tuu jalan, tiba2 kita ketemu bendungan, ternyata ini bendungan besar yg kita cari dulu, katanya ada bendungan di daerah Birayang tapi kaga tau tempatnya, malah nyasar ke Limpasu, sampai sore ga ketemu2 juga tu bendungan :D. Tapi biarin aja, masa2 itu udah berlalu.  Next… setelah ngelewatin bendungan kita bingung mau kemana, kata Khaidir ada temennya yg tinggal di daerah sini, jadi kita berhenti dulu di rumah temennya. Kata temennya di daerah sini ada air terjun, tapi kalau jam segini ga memungkinkan waktunya, soalnya udah kesiangan katanya.  Terus ada lagi yg namanya wisata Goa Batu Sawar, itu lebih dekat. Awalnya Yadi kaga mau ke Goa tuh, mending katanya ke Bendungan tadi aja. Tapi karna Udin pengen banget ke sana , soalnya dia udah rela libur kerja buat trip, jadi Yadi terpaksa harus ngalah.

Next.. kita lanjut ke Kampung Salak daerah desa Nateh bareng sama teman2 nya Khaidir. Setelah itu kita berhenti di salah satu rumah teman Khaidir yg ada kiosnya, pas banget tuh kita buat beli minuman sama cemilan :D. Katanya mending parkir disini aja, kalau parkir deket tempat wisata bakalan bayar. Oke dahh ! kita parkir disini aja :D . Tapi tetap pulangnya kita bayar, soalnya kaga enak juga sama temen yg udah nunjukin jalan, gratis pula parkir di halaman rumahnya. Setelah becandaan dikit di kios, baru kita lanjut ke Tempat Wisata Goa Batu Sawar.   Sepanjang jalan kita ngobrol2 sambil becandaan, ga kerasa dehh udah nyampai di kaki gunung :D. Aku agak aneh juga sama hubungan Amat dan Rabi, kok  waktu Rabi deketen aku terus kita ngobrol hampir setengah jalan, Amat malah kaga cemburu ya (sebenarnya ne anak pacaran apa kaga ya :D). Waktu masih di jalan belum nyampai kaki gunung, kita ketemu dah sama orang yg jualan es semangka, tapi cuma aku sama Ancah aja yg beli :D. Pas jalannya udah mulai nanjak, Ancah mulai bertingkah lucu, tiap ada tanjakan yg membuat kita lelah, dia selalu bilang “Tenang Ada Es Semangka” hahaha… :D . Ngerjain tuu bocah, mentang2 yg lain kaga beli :D.

Masih di perjalanan nanjak gunung kita udah mulai lelah, istirahat sebentar , aku buka jaket dulu karna kepanasan, apalagi aku bawa tas yang berat . Ternyata paham juga tuu Rabi, mau bantuin bawain tas aku, aku kaga bakalan nolak dahh.. asal Amat kaga cemburu :D. Ternyata bener Amat kaga cemburu, terima aja dahh pertolongannya Rabi :D. Next, kita jalan lagi, akhirnya kita harus ngelewatin tanah liat di atas gunung yg di sampingnya ada jurang terus jalannya menurun. Rabi kaga berani lagi bawa tas aku, tas nya malah di kasih ke Khaidir, tapi untung aja Khaidir mau bawaaain tasnya :D. (syukur bebanku ada yg bawain :D). Setelah lewatin tu jalan secara pelan2, kita harus ngelewatin bebatuan yg kalau terlalu bergeser batunya bisa jatuh ke bawah, bisa aja tuh batu kena kepala teman di bawah yg mau nanjak, jadi harus berhati2. Terus kita ngelewatin jalan yg terlalu nanjak ke atas kaga ada tangganya, terpaksa kita pegang2 ranting pohon biar kaga kepeleset. Rabi kan cewek, jadi harus ada yg narik dari atas biar ga jatuh, disini malah Khaidir yg bantuin Rabi, Amat mahh enjoy2 aja :D. Terus ada juga jalan yg kalau mau lanjutin lagi harus pakai tali, tapi talinya udah ada. Tetap aja kita nekad, akhirnya beberapa meter nanjak lagi ketemu sama Goanya :D.

Ternyata Goa nya gede banget, luas pula, masih banyak juga orang yg berkunjung kesini walaupun jalan menuju kesini belum di kembangkan dengan baik. Kita akhirnya bisa eksis bareng, Rabi males masuk, katanya cape, jadi nunggu di mulut goanya aja. Mau ga mau terpaksa Amat nungguin di mulut goa juga, soalnya dia kan pacarnya ..  xixixi :D. Di dalam Goa yg besar dan luas ini kita sempat telusuri menuju mulut goa yg satunya, tapi mulut goa yg ini kaga bisa di masukin dari luar, soalnya luarnya cuma ada jurang, kaga ada tempat buat nanjak. Di dalam goa juga berasa bau kotoran kelelawar, tapi untung masih bisa nahan baunya. Kita juga sempat bikin video yg seru di dalam goa, Udin yg rekam :D. Setelah puas kita temuin lagi Amat dan Rabi di mulut goa, eksis2 dan istirahat bentar sambil makan cemilan baru kita turun :D.

Waktu turun Ancah mengalami kecelakaan kecil di turunan yg memakai tali, gara2 terlalu semangat jatuh terdungsur dahh dia kebawah, untung ada Udin yg  ngalangin dari bawah, Huuhhh !...  selamat dahh. Waktu turun kita agak cepat daripada naiknya tapi tetap hati2. Setelah sampai di kaki gunung, masih harus di lanjutkan dengan jalan kaki. Dari sinilah kita bercanda sepanjang jalan , candaan Rabi yg paling ku ingat waktu temannya Khaidir bilang “Kabur mata nahh rasa bakunang2” Rabi ngejawab “Mun ulun rasa berkumbang2 nahh mata)”  Cihhhuyyy ada yg Fall In Love. :D (kena dahh ke hati bagi yg ngerasa) :D.

Next… kita baru nyampai sungai, bersih2 dulu baru lanjut lagi. Pas udah nyampai di perkampungan ada orang kesurupan, cewek dari Batumandi katanya tadi juga balik dari goa. Kita ga terlalu lama ngeliat perkembangannya langsung aja dah kita kerumah temennya Khaidir. Setelah sampai disana, kita nyantai dulu di warung sebelahan sama rumah temannya Khaidir sambil ngobro2 dan becandaan sama acil warung (sebenarnya masih muda acilnya) :D.  Disini Amat malah ikutan becanda ala rayuan sama acil warung, udah tau pacarnya ada di samping, gile nee anak :D. Udah selesai nebeng di Warung baru kita pulang.  Pas mau pulang ga lupa kita eksi2 dikit di Bendungan Batang Alai, baru pulang.