Minggu, 24 April 2016

SITUS CANDI AGUNG

Situs Candi Agung adalah sebuah situs sejarah yang terletak di Jl. Batung Batulis, Kelurahan Sungai Malang, Kec. Amuntai Tengah, Kab. Hulu Sungai Utara.
Candi ini merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Negara Dipa yg dulunya di perintah oleh Pangeran Suryanata dan Putri Junjung Buih dengan kepala pemerintahan Patih Lambung Mangkurat.  Di tempat ini juga terdapat Museum yg menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan candi. Situs Candi ini sampai sekarang masih berdiri kokoh dengan bahannya berupa batu yg menyerupai batu bata merah. Perbedaannya adalah lebih berat dan lebih kuat dari batu bata.  Di tengah situs candi ini terdapat sebuah kolam kecil yg diberikan kain kuning pada sisi-sisinya. Di sekitar sini orang-orang biasanya sering melakukan ritual-ritual khusus seperti mengelilingi kolam tersebut, meletakkan bunga, dan melakukan pembacaan do'a. Di tempat ini sudah di sediakan fasilitas berupa Mushola, WC, dan Warung.


Objek Wisata yg terdapat di dalam Candi Agung di antaranya :

(1) Situs Candi Agung

(2) Tiang Mahligai Putri Junjung Buih

(3) Pertapaan Pangeran Suryanata

(4) Telaga Darah Empu Mandastana

(5) Museum Candi Agung

(6) Tempat Pemandian

(7) Tempat Istirahat

(8) Tempat Pembacaan Do’a

Info Perjalanan  :
Barabai ke Amuntai :

  • Start dari Perbatasan Kota Barabai – Amuntai (Kabupaten HST – HSU).
  • Terus lurus menuju Kota Amuntai.
  • Melewati desa Danau Caramin – Pinang Habang – Tapus – Datu Kuning – Muara Tapus.
  • Di sekitar desa Muara Tapus ada pertigaan, tetap pilih arah lurus (jika ke kiri menuju ke Alabio).
  • Melewati desa Rantawan – Kandang Halang – Pasar Senin – Kembang Kuning – Kota Raden Hilir – Kota Raden.
  • Memasuki Gerbang Kota Amuntai Bertaqwa.
  • Melewati Terminal Kota Amuntai.
  • Setelah sampai di perempatan yg ada lampu lalu lintasnya, pilih arah lurus saja (jika ke kiri menuju ke Alabio, jika ke kanan menuju ke Kecamatan Banjang).
  • Melewati jembatan hingga sampai di Bundaran Kota Amuntai.
  • Pilih arah sebelah kiri (jika ke kanan menuju Pasar Lama Amuntai).
  • Terus lurus melewati Jembatan Paliwara.
  • Ada perempatan yg ada lampu lalu lintasnya, pilih arah lurus saja.
  • Melewati Melati Waterboom (Kelurahan Paliwara).
Menuju lokasi :
  • Terus lurus hingga ketemu perempatan, pilih arah ke kanan ke Jl. Empu Jatmika (Kelurahan Sungai Malang).
  • Jika ada pertigaan lagi, pilih arah ke kiri memasuki  Jl. Batung Batulis.
  • Dari sebelah kiri jalan dapat di lihat pintu masuk menuju Situs Candi Agung.
  • Masuk kesitu lalu parkir.
  • Biaya parkir seharga Rp.5.000,- per kendaraan.


My Diary / My Story :

Waktu kesini kita berangkat dengan jumlah 8 orang : Aku, Yadi, Ancah, Udin, Wahyu, Rifki, Mika dan Nita. Kita kesini setelah pulang dari Melati Waterboom. Setelah itu singgah dulu di Mesjid Raya Amuntai baru kita lanjut ke Situs Candi Agung. Kita emang ga tau jalannya menuju Situs Candi Agung, tapi kayanya Mika sama Nita tau jalannya, kita ikutin aja dahh mereka. Setelah beberapa kali melewati perempatan akhirnya lupa juga jalannya, kesasar dahh :D. Dijalan yg kita kesasar tadi padahal udah keliatan tuh tempatnya, tapi kaga ketemu pintu depannya, bingung dahh mau lewat mana masuknya. Setelah muter2 di jalan tuh, akhirnya ketemu juga pintu masuknya, langsung dahh kita parkir :D. Kita bayar parkir seharga 5ribu per kendaraan dan masuk 3ribu per orang. Tapi temen2 yg lain udah pada krisis keuangannya, terpaksa harus ngutang dulu sama Mika :(. Setelah masuk ke dalam jadi ingat masa2 kecil ku dulu. Sekarang Candinya udah di renovasi, jauh berbeda dengan waktu masa2 kecil ku dulu. Didalam kita jalan2 sambil eksis2, tapi eksisnya kaga keterlaluan juga, yg namanya tempat bersejarah harus di hormati ;D. Disini kita agak terpisah dari Mika dan Nita, jadi kaga ada dahh foto2 mereka berdua eksis bareng kita. Di tengah situs candi ini ada terdapat sebuah kolam yg di kelilingi sejenis batu bata. Kita sempat ngeliatin orang2 sedang membaca do’a dan mengelilingi kolam yang ada di situ, katanya siapa yg berhajat disana insyaallah do’a nya pasti di kabulkan. Kita sebenarnya mau masuk kesana, tapi salah satu temen di antara kita ada yg kaga mau masuk, jadi kita ngeliatin dari luar aja dahh.

Setelah hari udah mulai sore baru pulanglah kita (untung ingat jalan pulangnya). Next… keluarlah kita dari kota Amuntai, tapi kayaknya masih belum puas buat eksis2. Eksis lagi dahh kita di Desa Sungai Buluh dekat jembatan :D. Wiihhh… pemandangannya disini bagus, tapi Mika sama Nita katanya males karna cuacanya lagi panas banget. Ya udah puas-puasin aja dulu kita foto2nya di sini, xixixi... :D. Pas pulang nyesel dahh mereka pada kaga ikut foto2 di Desa Sungai Buluh :D

Foto-foto kami saat di Situs Candi Agung :












Foto-foto di Desa Sungai Buluh :







Foto-foto di Mesjid Raya Amuntai :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar